Efektifitas pemanfaatan evaluasi belajar kuis kahoot terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar ditinjau dari gaya belajar pada mata pelajaran akuntansi keuangan di SMKN 1 Boyolangu / Erlina Puspita Istikomah - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektifitas pemanfaatan evaluasi belajar kuis kahoot terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar ditinjau dari gaya belajar pada mata pelajaran akuntansi keuangan di SMKN 1 Boyolangu / Erlina Puspita Istikomah

Istikomah, Erlina Puspita (2020) Efektifitas pemanfaatan evaluasi belajar kuis kahoot terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar ditinjau dari gaya belajar pada mata pelajaran akuntansi keuangan di SMKN 1 Boyolangu / Erlina Puspita Istikomah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses pembelajaran menjadi acuan dalam penilaian terhadap keberhasilan suatu pembelajaran. Dalam proses pembelajaran terdapat tahap pengolahan informasi atau transfer ilmu kepada individu. Suatu ilmu akan terserap baik dalam memori jangka panjang siswa jika mampu memahami konsep dasar dari suatu konsentrasi ilmu. Pemahaman konsep inilah yang memudahkan individu saling mengaitkan informasi satu dan lainnya hingga akhirnya mampu memahami materi yang disampaikan pengajar. Disamping itu motivasi belajar juga menjadi faktor penunjang sebuah proses pembelajaran bermakna bagi individu dan meningkatkan usaha individu untuk ikut terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Faktanya proses pembelajaran tidak selalu berakhir mengesankan dengan pemahaman siswa yang cukup dan keadaan kelas yang kondusif ataupun menyenangkan. Maka dari itu Kahoot menjadi alternatif untuk mengevaluasi proses pembelajaran berupa kuis interaktif yang dapat digunakan untuk guru dalam mengulang materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kuis Kahoot terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar dengan mengelompokkan sampel berdasarkan gaya belajarnya. Gaya belajar dikelompokkan menjadi empat yaitu aural visual read/write dan kinestetik. Penelitian menggunakan rancangan penelitian Pre-Eksperimen dengan desain pretest dan posttest menggunakan One Group Pretest-Posttest. Pengumpulan data menggunakan tes untuk pemahaman konsep dan kuesioner untuk motivasi belajar dan gaya belajar. Berdasarkan hasil uji Paired T-Test untuk hasil tes sebelum dan sesudah perlakuan menunjukkan bahwa thitung sebesar 4 027 dengan ttabel sebesar 1 699. Sehingga 4 027 gt 1 669 dengan nilai signifikasi 0 00 lt 0 05. Sedangkan pada gaya belajar multimodalitas memiliki thitung sebesar 1 954 dengan ttabel sebesar 1 895. Sehingga 1 954 gt 1 895 dengan nilai signifikasi 0 00 lt 0 05. Sehingga H1 diterima yaitu terdapat pengaruh media evaluasi kuis Kahoot terhadap pemahaman konsep akuntansi keuangan. Sedangkan motivasi belajar memiliki thitung sebesar 4 251 dengan ttabel sebesar 1 699. Sehingga 4 251 gt 1 669 dengan nilai signifikasi 0 00 lt 0 05 untuk kelompok unimodalitas. Sedangkan pada gaya belajar multimodalitas memiliki thitung sebesar 2 953 dengan ttabel sebesar 1 895. Sehingga 2 953 gt 1 895 dengan nilai signifikasi 0 00 lt 0 05. Sehingga H2 bahwa Kahoot berpengaruh terhadap motivasi belajar yang ditinjau dari gaya belajar siswa. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti manfaat Kahoot dalam konsentrasi ilmu dan jenis penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/185005

Actions (login required)

View Item View Item