Persepsi dan penerapan blended learning bagi guru sebagai alternatif pembelajaran di era 4.0 (studi pada guru akuntansi di SMKN 2 Blitar) / Citra Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi dan penerapan blended learning bagi guru sebagai alternatif pembelajaran di era 4.0 (studi pada guru akuntansi di SMKN 2 Blitar) / Citra Kusuma

Kusuma, Citra (2020) Persepsi dan penerapan blended learning bagi guru sebagai alternatif pembelajaran di era 4.0 (studi pada guru akuntansi di SMKN 2 Blitar) / Citra Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi di era revolusi industri 4.0 sangat mempengaruhi profesi guru dalam bidang pendidikan di Indonesia. Hal ini memberikan isyarat bagi para guru ataupun calon guru untuk mampu menerapkan pembelajaran yang melibatkan teknologi informasi. Penerapan blended learning dapat menjadi salah satu alternatif bagi guru dalam beradaptasi dengan pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Blended learning adalah kombinasi pembelajaran face to face dan pemanfaatan teknologi dan internet dalam pembelajaran yang dikenal dengan istilah e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk melihat persepsi dan penerapan blended learning bagi guru akuntansi sebagai alternatif pembelajaran di era 4.0. Subjek dalam penelitian ini adalah 9 orang guru dan 4 siswa yang berada di Jurusan Akuntansi SMKN 2 Blitar. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan dari hasil wawancara observasi dan dokumentasi dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan persepsi positif tentang penerapan blended learning sebagai alternatif pembelajaran di era 4.0. Persepsi sesuai ditunjukkan bahwa penerapan blended learning sesuai sebagai solusi guru dalam menghasilkan lulusan yang siap bersaing menghadapi Dunia Usaha dan Dunia Industri di era 4.0 dengam mengenalkan pembelajaran e-learning online disamping pembelajaran face to face dan upaya guru dalam menyesuaikan diri dengan perkembangan era 4.0. Penerapan blended learning ditemukan pada dua guru akuntansi di SMKN 2 Blitar yaitu menggabungan pembelajaran face to face dengan e-learning online seperti Gnomio dan Google Classroom sedangkan untuk lima guru akuntansi belum menerapkan blended learning yang disebabkan oleh beberapa kendala seperti kurangnya pengetahuan guru akuntansi tentang blended learning dan usia tua. Dampak penerapan blended learning terhadap motivasi belajar dibedakan berdasarkan persepsi guru dan siswa yang menyatakan bahwa penerapan berdampak pada perubahan tingkat motivasi belajar peserta didik yaitu belajar mandir aktif dalam kegiatan belajar mengajar dan mengumpulkan tugas tepat waktu. Sebagian kecil menyatakan bahwa tidak ada dampak yang signifikan pada motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/185003

Actions (login required)

View Item View Item