Pengaruh model pembelajaran quantum learning dengan menggunakan teknik mind mapping terhadap prestasi belajar siswa kelas VII MTs Negeri Batu / Yaniar Hamdah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran quantum learning dengan menggunakan teknik mind mapping terhadap prestasi belajar siswa kelas VII MTs Negeri Batu / Yaniar Hamdah

Hamdah, Yaniar (2013) Pengaruh model pembelajaran quantum learning dengan menggunakan teknik mind mapping terhadap prestasi belajar siswa kelas VII MTs Negeri Batu / Yaniar Hamdah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hamdah Yaniar. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Dengan Menggunakan Teknik Mind Mapping Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII MTs Negeri Batu. Skripsi Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Suyudi M.Pd (II) Dra. Chusnana.I.Y M.Si Kata kunci quantum learning mind mapping prestasi belajar Metode pembelajaran yang sering digunakan di kelas VII MTs Negeri Batu sudah cukup baik dan beragam namun kegiatan pembelajaran di kelas hanya bertumpu pada penggunaan otak kiri saja sehingga siswa cenderung bosan mengikuti kegiatan pembelajaran yang menyebabkan prestasi siswa menjadi berkurang. Rendahnya Prestasi Belajar Fisika ini diatasi dengan menerapkan Model Pembelajaran Quantum Learning Dengan Menggunakan Teknik Mind Mapping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar fisika siswa yang menerapkan Model Pembelajaran Quantum Learning Dengan Menggunakan Teknik Mind Mapping lebih tinggi daripada prestasi belajar fisika siswa yang menerapkan Model Pembelajaran Konvensional pada pembelajaran fisika di kelas VII MTs Negeri Batu Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan desain eksperimen Randomized Postest Control Group Design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B MTs Negeri Batu tahun ajaran 2012-2013 yang berjumlah 33 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G MTs Negeri Batu tahun ajaran 2012-2013 yang berjumlah 32 sebagai kelas kontrol. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen yang diperoleh dan dianalisis dengan uji t untuk mengetahui perbedaan penerapan model pembelajaran terhadap prestasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan tingkat prestasi belajar fisika kelas VII B (kelas eksperimen) tergolong cukup dengan nilai rata-rata 61 81. Tingkat penguasaan konsep kalor kelas VII G (kelas kontrol) tergolong kurang dengan nilai rata-rata sebesar 52 34. Nilai t test (3 120) t tabel (1 998) pada taraf signifikansi 0 05 dinyatakan Ho ditolak. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa prestasi belajar fisika siswa yang menerapkan Model Pembelajaran Quantum Learning Dengan Menggunakan Teknik Mind Mapping lebih tinggi daripada prestasi belajar fisika siswa yang menerapkan Model Pembelajaran Konvensional. Oleh karena itu bagi guru-guru fisika hendaknya mempertimbangkan pentingnya pembelajaran fisika dengan pembelajaran Quantum Learning dengan teknik Mind Mapping untuk meningkatkan prestasi belajar fisika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18500

Actions (login required)

View Item View Item