Keefektifan klarifikasi nilai untuk meningkatkan kesadaran akan nilai kepedulian siswa SMP / Bagus Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan klarifikasi nilai untuk meningkatkan kesadaran akan nilai kepedulian siswa SMP / Bagus Setiawan

Setiawan, Bagus (2011) Keefektifan klarifikasi nilai untuk meningkatkan kesadaran akan nilai kepedulian siswa SMP / Bagus Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci klarifikasi nilai kesadaran akan nilai kepedulian contoh kasus. Kepedulian jarang dijumpai pada anak yang berada dalam masa puber. Nilai kepedulian sebenarnya ada pada diri mereka akan tetapi kesadaran untuk memunculkannya masih kurang. Padahal dengan meningkatkan kesadaran untuk peduli mereka belajar bagaimana mengenal diri dan lingkungannya cerdas baik dalam emosi maupun akademis sehingga terhindar dari masalah-masalah yang umumnya dialami remaja terkait dengan hubungan sosial serta kenakalan remaja. Klarifikasi nilai (values clarification) memberi penekanan pada usaha membantu siswa dalam mengkaji perasaan dan perbuatannya sendiri untuk meningkatkan kesadaran mereka tentang nilai-nilai mereka sendiri. Dalam proses klarifikasi nilai siswa terlibat secara aktif siswa mengembangkan pemahaman dan pengenalannya terhadap nilai-nilai pribadi mengambil keputusan dan bertindak sesuai dengan keputusan yang telah diambil. Dalam penelitian ini teknik klarifikasi nilai yang digunakan adalah dengan memberikan contoh kasus sebagai bahan bacaan. Adapun tahap-tahapnya adalah pembagian contoh kasus refleksi isi dan refleksi diri pengembangan komitmen uji coba komitmen dan refleksi pengalaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan klarifikasi nilai untuk meningkatkan kesadaran akan nilai kepedulian siswa SMP. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa SMP berjumlah 10 siswa. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah penelitian eksperimen one group pretest posttest alat yang digunakan berupa skala kesadaran akan nilai kepedulian siswa SMP yang diberikan pada awal dan akhir perlakuan. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik nonparametrik uji wilcoxon dan berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa klarifikasi nilai dengan menggunakan contoh kasus efektif untuk meningkatkan kesadaran akan nilai kepedulian siswa SMP. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan skor pada posttes di akhir pertemuan. Beberapa saran yang perlu dipertimbangkan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) dalam mengaplikasikan teknik ini konselor harus mempersiapkan bahan bacaan yang sesuai dengan usia kelompok eksperimen dan contoh kasus yang diberikan lebih baik mengenai masalah yang sering dijumpai siswa dalam kehidupan sehari-hari. (2) pada peneliti selanjutnya sebelum melakukan kegiatan penelitian disarankan melakukan kegiatan need assesment terlebih dahulu mengenai kasus-kasus apa saja yang sering dijumpai siswa dalam kehidupan sehar-hari dengan teteap menyesuaikan dengan kesadaran yang akan ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1850

Actions (login required)

View Item View Item