Pengembangan media computer-assisted instruction (CAI) untuk meta pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Sekolah Menengah Pertama Islam Malang / Vita Ari Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media computer-assisted instruction (CAI) untuk meta pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Sekolah Menengah Pertama Islam Malang / Vita Ari Susanti

Susanti, Vita Ari (2011) Pengembangan media computer-assisted instruction (CAI) untuk meta pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Sekolah Menengah Pertama Islam Malang / Vita Ari Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Media Computer Assisted-Instructional(CAI) Teknologi Informasi dan Komunikasi(TIK) Media Computer Assisted-Instructional(CAI) merupakan suatu pembelajaran berbantuan komputer untuk menunjang suatu pembelajaran. Pembelajaran yang dibidik adalah pada mata pelajaran TIK SMP kelas IX. Pengembangan media kemudian diaplikasikan dalam CD Pembelajaran. Penggunaan media dalam proses pembelajaran dapat menimbulkan manfaat atau nilai tertentu dari segi penggunaanya karena siswa dapat mengerti dengan lebih jelas dan menyeluruh tentang materi yang diajarkan dan juga dapat mengulang pembelajaran secara langsung dengan arahan dari guru. Berdasarkan observasi awal dilapangan diketahui bahwa di sekolah yang bersangkutan masih menggunakan media sederhana saja dalam proses pembelajaran meskipun tersedia sarana belajar yang memadahi dan diketahui pula belum memaksimalkan peralatan yang tersedia. Apalagi dengan banyaknya materi yang harus dipelajari oleh siswa-siswi kelas IX yang dipersiapkan untuk mengikuti UAN sehingga masalah keterbatasan waktu belajar maka dikembangkan media CAI dalam bentuk CD Pembelajaran yang didesain dengan seefektif dan efisien mungkin agar dapat digunakan dengan mudah. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk CD pembelajaran TIK kelas IX semester 2 pokok bahasan Email Dunia Blogger dan Wiki yang digunakan secara klasikal atau masal di dalam kelas dengan arahan dari guru pengajar mata pelajaran TIK kelas IX dan juga diharapkan dapat mengefektif dan efisienkan pembelajaran di kelas. Subyek penelitian dalam uji coba pengembangan ini adalah siswa SMP Islam Malang kelas 3. Jenis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif data kualitatif diperoleh dari validasi ahli media ahli materi dan siswa. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil pre-test dan post-test. Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa CD Pembelajaran mata pelajaran TIK kelas IX semester 2 pokok bahasan Email Dunia Blogger dan Wiki. media tersebut divalidasikan pada ahli media ahli materi dan siswa. Hasil validasi tersebut adalah 1) data ahli media pada kriteria kelayakan dikatakan valid/layak digunakan dengan hasil persentase 92 5% 2) data ahli materi pada kriteria kelayakan dikatakan valid/layak digunakan dalam pembelajaran dengan hasil persentase 95% 3) data siswa diperoleh adalah 82 2% sehingga pada kriteria kelayakan dikatakan valid/layak digunakan dalam pembelajaran 4) pada data hasil pre-test dan post-test perseorangan terjadi peningkatan hasil belajar rata-rata dengan nilai 18% dengan peningkatan nilai terendah 10 dan tertinggi 30. Dengan demikian menurut kriteria kelayakan Media CAI dalam CD Pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kesimpulan dari pengembangan ini adalah Media CAI yang dikembangkan termasuk valid atau layak digunakan sebagai media pembelajaran. Saran pengembangan ini adalah 1) Bagi Guru guru mata pelajaran hendaknya mulai menggunakan Media CAI dalam pembelajaran dikelas dan lebih terampil dalam menggunakan dengan cara berlatih. 2) Bagi Siswa siswa dalam menggunakan media pembelajaran ini harus mempunyai keterampilan dasar dalam pengoperasian komputer dan beberapa kemampuan dan keterampilan lainnya untuk mendukung penggunaan media ini. 3) Bagi Pengembang selanjutnya Media CAI ini hendaknya dikembangkan lebih baik lagi tepat guna dan tepat sasaran sehingga dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan dan mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/185

Actions (login required)

View Item View Item