Analisis self efficacy dan kompetensi guru akuntansi di Kota Malang / Dwi Wahyuningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis self efficacy dan kompetensi guru akuntansi di Kota Malang / Dwi Wahyuningsih

Wahyuningsih, Dwi (2020) Analisis self efficacy dan kompetensi guru akuntansi di Kota Malang / Dwi Wahyuningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Meningkatkan mutu pembelajaran merupakan salah satu tugas utama guru peran guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran dapat dilakukan dengan menciptakan pembelajaran yang optimal. Dalam menciptakan pembelajaran yang optimal guru seharusnya memiliki efikasi diri dan kompetensi yang memadai. Efikasi diri dan kompetensi guru antara individu yang satu dengan lainnya berbeda dikarenakan beberapa faktor diantaranya gender dan masa kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efikasi diri dan kompetensi guru ditinjau dari gender dan masa kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kausal komparatif bersifat expost facto. Sampel penelitian terdiri dari guru Akuntansi SMK dan SMA di kota Malang dengan jumlah 88 guru. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis non parametik. Analisis non parametik yang digunakan adalah uji Mann Whitney U Test dan uji Kruskal Wallis. Hasil uji Mann Whitney U Test menunjukkan bahwa (1) Tidak ada perbedaan self efficcay antara guru akuntansi laki-laki dan perempuan di kota Malang dengan nilai Sig atau P Value sebesar 0 423 gt 0 05. (2) Tidak ada perbedaan kompetensi antara guru akuntansi laki-laki dan perempuan di kota Malang dengan nilai Sig atau P Value sebesar 0 748 gt 0 05. Sementara dari hasil uji Kruskal Wallis menunjukkan bahwa (1) Tidak ada perbedaan self efficacy guru akuntansi di kota Malang ditinjau dari masa kerja dengan nilai Sig atau P Value sebesar 0 665 gt 0 05 (2) Tidak ada perbedaan kompetensi guru akuntansi di kota Malang ditinjau dari masa kerja dengan nilai Sig atau P Value sebesar 0 194 gt 0 05. Berdasarkan hasil penelitian di atas saran untuk penelitian selanjutnya yang serupa adalah menggunakan analisis parametik menganalisis secara rinci untuk variabel kompetensi serta menggunakan faktor lain selain gender dan masa kerja untuk meninjau variabel efikasi diri dan kompetensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 May 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/184997

Actions (login required)

View Item View Item