Pengaruh strategi belajar dan keterlibatan akademik terhadap prestasi akademik mahasiswa akuntansi dalam pembelajaran daring di masa covid-19 / Mohamammad Alvin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi belajar dan keterlibatan akademik terhadap prestasi akademik mahasiswa akuntansi dalam pembelajaran daring di masa covid-19 / Mohamammad Alvin

Alvin, Mohamammad Alvin (2021) Pengaruh strategi belajar dan keterlibatan akademik terhadap prestasi akademik mahasiswa akuntansi dalam pembelajaran daring di masa covid-19 / Mohamammad Alvin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mohammad Alvin. 2021. Pengaruh Strategi Belajar dan Keterlibatan Akademik Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi Dalam Pembelajaran Daring di Masa Covid-19. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Nujmatul Laily S.Pd. M.SA Kata Kunci Strategi Belajar Keterlibatan Akademik Prestasi Akademik Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi belajar dan keterlibatan akademik terhadap prestasi akademik mahasiswa akuntansi dalam pembelajaran daring di masa Covid-19. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa pendidikan akuntansi Angkatan 2018 dan 2019 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling. Skala yang digunakan adalah skala likert dengan lima opsi jawaban. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket yang disebar melalui google form. Uji kelayakan instrument yang digunakan adalah uji validitas serta uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi liner berganda. Sebelum melakukan analisis regresi linier berganda terdapat tiga asumsi klasik yang digunakan yaitu uji normalitas uji multikolinearitas dan uji heterokedastisias. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif antara strategi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa akuntansi dalam pembelajaran daring di masa covid-19 (2) terdapat pengaruh positif antara keterlibatan akademik terhadap prestasi akademik mahasiswa akuntansi dalam pembelajaran daring di masa covid-19. Keterbatasan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data dilakukan dengan angket kuesioner sehingga objektivitas responden menjadi satu-satunya yang diandalkan atas validitas yang dikumpulkan indikator variabel terikat yaitu prestasi akademik hanya di ukur menggunakan IP sebaiknya dalam pengukuran prestasi akademik ditambah dengan nilai UTS maupun UAS. Sehingga dalam penelitian ini variabel prestasi akademik kurang bisa memberikan variasi terhadap prestasi akademik mahasiswa akuntansi dan instrumen penelitian dalam penelitian ini di dapat dari artikel internasional sehingga ada perbedaan konteks antara intrumen penelitian strategi belajar dan keterlibatan akademik yang di terapkan di luar negeri dan diterapkan di UM khususnya mahasiswa akuntansi FE seperti dalam hal budaya proses belajar dan fasilitas yang digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/184990

Actions (login required)

View Item View Item