Pengaruh student personality terhadap academic achievement mahasiswa pendidikan akuntansi; perspektif big five personality / Almira Nur Rahmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh student personality terhadap academic achievement mahasiswa pendidikan akuntansi; perspektif big five personality / Almira Nur Rahmi

Rahmi, Almira Nur (2020) Pengaruh student personality terhadap academic achievement mahasiswa pendidikan akuntansi; perspektif big five personality / Almira Nur Rahmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Academic achievement atau prestasi akademik adalah istilah untuk menunjukkan pencapaian keberhasilan suatu tujuan dalam pendidikan yang diinginkan. Penelitian ini membahas beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa salah satunya kepribadian yang dilihat dari perspektif Big Five Personality. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh student personality (extraversion agreeableness conscientiousness openness dan neuroticsm) terhadap academic achievement mahasiswa pendidikan akuntansi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan akuntansi Angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang sebanyak 153 mahasiswa. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 114 mahasiswa yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian extraversion berpengaruh positif terhadap academic achievement dan kepribadian neuroticsm berpengaruh negatif terhadap academic achievement mahasiswa pendidikan akuntansi. Hal ini dikarenakan mahasiswa pendidikan akuntansi memiliki kepribadian extraversion yang tinggi dan kepribadian neuroticsm merupakan kepribadian yang buruk. Sedangkan kepribadian agreeableness conscientiousness dan openness tidak berpengaruh terhadap academic achievement mahasiswa pendidikan akuntansi. Hal ini dikarenakan tidak ada nya perbedaan nilai KPL mahasiswa yang memiliki kepribadian yang tinggi dan rendah. Selain itu Kepribadian mahasiswa bukan menjadi penyebab utama pengambilan keputusan dosen dan guru pamong di sekolah dalam memberikan nilai tetapi penyebab utama pengambilan keputusan memberikan nilai adalah proses pengajaran di sekolah dan laporan kegiatan KPL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/184986

Actions (login required)

View Item View Item