Pengaruh model pembelajaran STAD menggunakan peta konsep dan nilai kerjasama terhadap prestasi belajar fisika siswa SMA Negeri 2 Blitar / Devis Yusofa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran STAD menggunakan peta konsep dan nilai kerjasama terhadap prestasi belajar fisika siswa SMA Negeri 2 Blitar / Devis Yusofa

Yusofa, Devis (2013) Pengaruh model pembelajaran STAD menggunakan peta konsep dan nilai kerjasama terhadap prestasi belajar fisika siswa SMA Negeri 2 Blitar / Devis Yusofa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Devis Yusofa. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran STAD Menggunakan Peta Konsepdan Nilai Kerjasama Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 2 Blitar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika Program Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Agus Suyudi M.Pd. (2) Drs. Mudjihartono. Kata kunci Nilai kerjasama Prestasi belajar fisika STAD menggunakan peta konsep Tujuan penelitian ini adalah (1) Menguji perbedaan prestasi belajar fisika siswa yang diajar dengan model STAD menggunakan peta konsep dan yang di-belajarkan dengan pembelajaran konvensional. (2) Mencari interaksi antara mo-del STAD menggunakan peta konsep dan nilai kerjasama terhadap prestasi belajar fisika.3) Menguji perbedaan prestasi belajar fisika siswa yang memiliki nilai ker-jasama tinggi antara yang diajar dengan model STAD menggunakan peta konsep dan yang diajar dengan pembelajaran konvensional.(4) Menguji perbedaan pres-tasi belajar fisika siswa yang memiliki nilai kerjasama rendah antara yang diajar dengan model STAD menggunakan peta konsepdenganpembelajarankonven-sional.(5) Menguji perbedaan prestasi belajar fisika siswa nilai kerjasama tinggi model STAD menggunakan peta konsep dengan siswa yang memiliki nilai kerja-sama rendah pembelajaran konvensional. (6) Menguji perbedaan prestasi belajar fisika siswa nilai kerjasama rendah model STAD menggunakan peta konsep de-ngan siswa yang memiliki nilai kerjasama tinggi pembelajaran konvensional Rancangan penelitian menggunakanfaktorial 2x2. Variabel bebas adalah model pembelajaran STAD menggunakan peta konsep dan model konvensional. Variabel moderator adalah nilai kerjasama. Variabel terikat adalah prestasi belajar fisika. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 2 Blitar. Sampel pene-litian adalah siswa kelas XI IA-II sebagai kelas kontrol dan XI-IA-I sebagai kelas eksperimen. pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.Uji hipotesis menggunakan anava dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan (1) prestasi belajar fisika siswa model pem-belajaran STAD menggunakan peta konseplebih tinggi dibandingkan dengan sis-wa model konvensional.(2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran STAD menggunakan peta konsep dan nilai kerjasama siswa terhadap prestasi belajar fi-sika siswadengan nilai Fab sebesar 11 36. (3). Prestasi belajar siswa dengan nilai kerjasama tinggimodel pembelajaran STAD menggunakan peta konsep lebih ti-nggi dibanding dengan siswa dengan nilai kerjasama tinggi konvensional dengan nilai Q((X_1 ) 773 - (X_3 ) 773 ) sebesar 9 7345.(4) Prestasi belajar siswa dengan nilai kerjasama rendah sama pada kedua model pembelajaran dengan nilai Q((X_2 ) 773 - (X_4 ) 773 ) sebesar 0 19765. (5) Prestasi belajar siswa dengan nilai kerjasama tinggi STAD menggu-nakan peta konsep lebih tinggi dibandingkan dengan siswa dengan nilai kerjasama rendah konvensional dengan nilai Q((X_1 ) 773 - (X_4 ) 773 ) sebesar 21 248. (6) Prestasi belajar siswa dengan nilai kerjasama rendah STAD menggunakan peta konsep lebih ren-dah dibandingkan dengan siswa dengan nilai kerjasama tinggi konvensional de-ngan nilai Q((X_2 ) 773 - (X_3 ) 773 ) sebesar -11 315.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18498

Actions (login required)

View Item View Item