Pengaruh penggunaan smartphone, wifi sekolah, dan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas xi ips pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Bululawang. / M. Faisal Ardian Ahsan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan smartphone, wifi sekolah, dan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas xi ips pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Bululawang. / M. Faisal Ardian Ahsan

Ahsan, M. Faisal Ardian (2020) Pengaruh penggunaan smartphone, wifi sekolah, dan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas xi ips pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Bululawang. / M. Faisal Ardian Ahsan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ahsan M. Faisal Ardian. 2020. Pengaruh Penggunaan Smartphone WiFi Sekolah dan Perpustakaan Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Bululawang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan bisnis Universitas Negeri Malang Pembimbing Dr. Sunaryanto M.Ed. Kata Kunci Smartphone WiFi Sekolah Perpustakaan Sekolah IPS Ekonomi. Penelitian ini di latar belakangi oleh pesatnya perkembangan teknologi dan penggunaan kurikulum 2013 revisi di SMAN 1 Bululawang yang menuntut siswa untuk lebih aktif untuk mencari sumber belajar sendiri tidak terpaku hanya pada guru ataupun modul yang diberikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan Smartphone WiFi sekolah dan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang dilakukan mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang di SMAN 1 Bululawang dengan menggunakan metode penelitian eksplanasi (explanatory research) untuk memberikan penjelasan tentang hubungan antar fenomena atau variabel. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Bululawang dengan jumlah 106 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis uji t dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunujukkan bahwa 1) Tidak ada pengaruh penggunaan Smartphone terhadap hasil belajar siswa. Hal ini menunujukkan bahwa penggunaan smartphone oleh siswa tidak mempengaruhi siswa dalam memperoleh hasil belajar. 2) Ada pengaruh negatif penggunaan WiFi sekolah terhadap hasil belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa semkain tinggi penggunaan WiFi sekolah maka akan semakin rendah hasil belajar yang diperoleh oleh siswa. 3) tidak ada pengaruh penggunaan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan perpustakaan sekolah oleh siswa tidak mempengaruhi siswa dalam memperoleh hasil belajar. Dengan demikian penggunaan WiFi sekolah yang tinggi dapat berpengaruh negatif terhadap hasil belajar namun berbeda dengan penggunaan smartphone dan perpustakaan sekolah yang tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/184978

Actions (login required)

View Item View Item