Pengembangan media pembelajaran akuntansi “accountanzing” pada mata pelajaran akuntansi dasar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa / Anida Hikmah Mahmudah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran akuntansi “accountanzing” pada mata pelajaran akuntansi dasar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa / Anida Hikmah Mahmudah

Mahmudah, Anida Hikmah Mahmudah (2021) Pengembangan media pembelajaran akuntansi “accountanzing” pada mata pelajaran akuntansi dasar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa / Anida Hikmah Mahmudah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran akuntansi ldquo Accountanzing rdquo pada mata pelajaran akuntansi dasar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi serta mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dalam menggunakan media pembelajaran akuntansi ldquo Accountanzing rdquo . Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R amp D) yang menggunakan jenis model ADDIE (Analysis Design Development Implementation and Evaluations). Media pembelajaran ini dinilai kelayakannya oleh satu ahli media satu ahli materi dan pengukuran peningkatan motivasi belajar dilakukan kepada 22 siswa kelas X AKL SMK PGRI 2 Malang. Peneliti menggunakan angket untuk mengukur tingkat validitas media pembelajaran dan peningkatan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran akuntansi ldquo Accountanzing rdquo berdasarkan penilaian 1) Ahli media mendapat skor rata-rata 4 9 dengan nilai persentase 98% termasuk kategori ldquo Sangat Layak rdquo 2) Ahli materi mendapatkan skor rata-rata 4 8 dengan nilai persentase 97% termasuk kategori ldquo Sangat Layak rdquo . Berdasarkan pengukuran dan analisis motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran mengalami peningkatan dari 69% menjadi 79% atau meningkat sebesar 10%. Pada uji t dua sampel berpasangan (paired t-test) nilai sig sebesar 0 000 dan thitung sebesar -9.604 yang menunjukkan pengukuran signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran akuntansi ldquo Accountanzing rdquo dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/184973

Actions (login required)

View Item View Item