Perbedaan prestasi belajar fisika dan aktivitas belajar antara siswa yang belajar dnegan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan konvensional di SMAN 9 Malang / Asmunir - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan prestasi belajar fisika dan aktivitas belajar antara siswa yang belajar dnegan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan konvensional di SMAN 9 Malang / Asmunir

Asmunir (2013) Perbedaan prestasi belajar fisika dan aktivitas belajar antara siswa yang belajar dnegan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan konvensional di SMAN 9 Malang / Asmunir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Asmunir. 2013. Perbedaan Prestasi Belajar Fisika dan Aktivitas Belajar Antara Siswa yang Belajar dengan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan Konvensional di SMAN 9 Malang. Skripsi. Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Kadim Masjkur M.Pd. (II) Drs. Purbo Suwasono M.Si. Kata Kunci Teams Games Tournament (TGT) Prestasi Belajar Fisika Aktivitas Belajar Mata pelajaran fisika sering dianggap oleh sebagian besar siswa sebagai mata pelajaran yang membosankan dan sulit. Sering kali dijumpai beberapa siswa yang berbicara dengan teman sebangku dan bergurau saat pelajaran fisika berlangsung. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang dapat menarik minat siswa sehingga proses pembelajaran berlangsung aktif dan menyenangkan. Salah satu model pembelajaran yang asyik dan menyenangkan adalah model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Permasalahan penelitian ini dirumuskan sebagai berikut (1) adakah perbedaan aktivitas belajar antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan pembelajaran konvensional di SMA Negeri 9 Malang (2) adakah perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan pembelajaran konvensional di SMA Negeri 9 Malang Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu. Kelompok siswa eksperimen menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Siswa kelompok kontrol belajar dengan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-4 sebagai siswa kelompok eksperimen yang belajar dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan siswa kelas X-8 sebagai siswa kelompok kontrol yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa serta tes untuk mengetahui prestasi belajar fisika. Hasil uji prasyarat analisis data aktivitas belajar dan prestasi belajar fisika dinyatakan normal serta berasal dari sampel yang homogen. Hipotesis penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil uji t sebagai berikut (1) thitung (3 9956) ttabel (1 9951) sehingga terdapat perbedaan aktivitas belajar antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan pembelajaran konvensional. (2) thitung (8.4975) ttabel (1 9951) sehingga terdapat perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan pembelajaran konvensional. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas belajar antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan pembelajaran konvensional. Terdapat perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18497

Actions (login required)

View Item View Item