Pengembangan sistem penilaian formatif berbantuan web untuk mendukung pembelajaran fisika pada materi listrik dinamis / M. Ulil Abshor

Abshor, M. Ulil (2013) Pengembangan sistem penilaian formatif berbantuan web untuk mendukung pembelajaran fisika pada materi listrik dinamis / M. Ulil Abshor. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abshor, M. Ulil. 2013. Pengembangan Sistem Penilaian Formatif Berbantuan Web untuk Mendukung Pembelajaran Fisika pada Materi Listrik Dinamis. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sentot Kusairi, M.Si, (II) Dra. Hartatiek, M.Si Kata Kunci : penilaian formatif, sistem penilaian formatif berbantuan web ?á     Penilaian merupakan salah satu bagian yang penting dalam pelaksanaan pembelajaran. Salah satu jenis penilaian adalah penilaian formatif. Penilaian formatif digunakan untuk membantu mencapai tujuan yang diinginkan selama proses pembelajaran dengan memberikan umpan balik agar proses pembelajaran lebih efektif. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, proses penilaian formatif di sekolah masih membutuhkan waktu yang lama sehingga guru kesulitan untuk menggunakan penilaian formatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan sistem penilaian formatif berbantuan web dengan Electronic Assessment Tool (Moodle) untuk mendukung pembelajaran fisika pada materi listrik dinamis dan mendeskripsikan kelayakan sistem penilaian formatif yang telah dikembangkan.     Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan, rancangan pengembangan meliputi lima tahap yang diadaptasi dari langkah-langkah menurut Sukmadinata yang merupakan modifikasi dari sepuluh langkah penelitian dan pengembangan Borg dan Gall. Langkah-langkah penelitian meliputi studi pendahuluan, perancangan sistem penilaian formatif berbantuan web, pengembangan draf sistem penilaian formatif berbantuan web, uji coba terbatas, revisi produk akhir hasil pengembangan. Produk hasil pengembangan diuji coba melalui proses validasi dan uji coba terbatas. Validasi dilakukan oleh 1 dosen Fisika Universitas Negeri Malang dan 2 guru fisika SMA Negeri 2 Malang. Uji coba terbatas dilakukan oleh 10 peserta didik kelas XI di SMAN Negeri 2 Malang. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert serta lembar komentar, kritik, dan saran. Jenis data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif berupa skor penilaian dari angket, sedangkan data kualitatif berupa komentar, kritik, dan saran dari validator. Produk akhir penelitian ini adalah sistem penilaian formatif berbantuan web sebagai alat untuk memberikan balikan. Hasil penilaian dari dosen dan guru Fisika SMA Negeri 2 Malang menunjukkan bahwa sistem penilaian formatif berbantuan web memenuhi kriteria layak dengan nilai rata-rata 3,45 dan panduan penggunaan produk memenuhi kriteria layak dengan nilai rata-rata 3,42. Produk yang dihasilkan mampu memberikan balikan kepada siswa dan guru secara cepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18495

Actions (login required)

View Item View Item