Pengembangan bahan ajar berbantuan komputer (CAI) fisika berbasis masalah untuk mengembangkan kemampuan problem solving siswa kelas X / F.B. Bayon Sukma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbantuan komputer (CAI) fisika berbasis masalah untuk mengembangkan kemampuan problem solving siswa kelas X / F.B. Bayon Sukma

Sukma, F.B. Bayon (2013) Pengembangan bahan ajar berbantuan komputer (CAI) fisika berbasis masalah untuk mengembangkan kemampuan problem solving siswa kelas X / F.B. Bayon Sukma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sukma Bayon F. B. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Komputer (CAI) Fisika Berbasis Masalah untuk Mengembangkan Kemampuan Problem Solving Siswa Kelas X. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd. (II) Dr. Sentot Kusairi M.Si. Kata Kunci bahan ajar berbantuan komputer (CAI) Fisika berbasis masalah problem solving. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan KTSP 2010 dan Permen No. 22 tahun 2006 pembelajaran perlu dilakukan secara berkala dan berkesinambungan sejalan dengan perkem-bangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni serta mampu membimbing peserta didik untuk mampu mengembangkan kemampuan menyelesaikan masalah. Bahan ajar yang beredar di pasaran masih kurang sesuai untuk mendukung pembelajaran yang demikian. Oleh sebab itu diperlukan penelitian pengembangan terhadap bahan ajar Fisika. Penelitian ini dilaksanakan untuk menghasilkan produk yaitu bahan ajar berbantuan komputer (CAI) Fisika untuk SMA Kelas X serta mengetahui kelayakan bahan ajar tersebut melalui uji validasi. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini tergolong pada jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang dikembangkan Borg dan Gall. Uji validasi oleh ahli ditujukan untuk mengukur kelayakan materi dan media dengan menggunakan angket sebagai instrumen. Selain itu dilakukan pula uji coba lapangan terhadap keterbacaan bahan ajar yang dikembangkan kepada 9 siswa SMA kelas X yang telah menempuh materi kalor. Data yang diperoleh dari hasil uji validasi serta uji coba lapangan terhadap keterbacaan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil pengisian angket oleh ahli materi dan media. Data kualitatif diperoleh dari saran yang diberikan oleh para ahli serta uji coba lapang-an terhadap keterbacaan oleh siswa. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dihasilkan termasuk dalam kategori cukup layak dari segi materi dan media. Bahan ajar belum dapat digunakan dalam pembelajaran dikelas. Bahan ajar CAI ini perlu diuji secara lebih lanjut yaitu dengan adanya uji empirik terhadap bahan ajar berbantuan komputer (CAI) Fisika. Uji empirik ini dapat dilakukan melalui uji pelaksanaan lapangan penyempurnaan produk akhir serta diseminasi/ penyebaran dan implementasi/ digunakan dalam pembelajaran kelas. Kelebihan dari bahan ajar berbantuan kom-puter (CAI) Fisika yang dikembangkan antara lain disusun berdasarkan kurikulum KTSP SMA dan disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan siswa dan guru menyajikan permasalahan diawal dan membantu siswa menemukan konsepnya sendiri sehingga konsep yang diterima lebih tertanam di benak mereka. Kekurangan dari bahan ajar antara lain Kegiatan praktikum tidak dapat dilakukan di dalam software CAI membutuhkan perangkat khusus yakni komputer jumlah latihan kurang serta ruang lingkup materi terbatas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18494

Actions (login required)

View Item View Item