Aditama, Arga (2013) Implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII C SMPN 1 Suruh Trenggalek / Arga Aditama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Aditama Arga. 2013. Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VIII C SMPN 1 Suruh. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Suyudi M.Pd (II) Dra. Chusnana Insjaf Yogihati M.Si. 12288 12288 12288 Kata Kunci model pembelajaran problem based learning aktivitas belajar prestasi belajar 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan studi pendahuluan di SMPN 1 Suruh Kabupaten Trenggalek diperoleh bahwa aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa sangat rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut model pembelajaran problem based learning dapat dijadikan salah satu alternatif untuk diterapkan karena senantiasa menghadapkan siswa pada permasalahan dan fenomena-fenomena nyata yang dapat menuntun siswa untuk belajar dan menyelesaikan permasalahan yang diajukan. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana penerapan model problem based learning di kelas VIII C SMPNI 1 Suruh yang diharapkan meningkatkan aktivitas belajar siswa dan prestasi belajar siswa (2) apakah penerapan model problem based learning pada pembelajaran fisika dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII C SMPN 1 Suruh Kabupaten Trenggalek (3) apakah penerapan model problem based learning pada pembelajaran fisika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII C SMPN 1 Suruh Kabupaten Trenggalek. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas VIII C SMPN 1 Suruh pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 dan terdiri dari 2 siklus. Data yang dikumpulkan adalah keterlaksanaan pembelajaran dengan model problem based learning aktivitas belajar siswa dan prestasi belajar siswa aspek kognitif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara observasi test dan dokumentasi. Data yang didapat dianalisis dengan reduksi data display data dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan untuk menentukan apakah penelitian dilanjutkan atau tidak. Berdasarkan pelaksanaan penelitian dengan menggunakan model problem based learning (PBL) diperoleh persentase keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 89 6% dan siklus II sebesar 95 8%. Persentase rata-rata aktivitas belajar siswa yang diukur dengan lembar observasi pada siklus I diperoleh 63 1% dan pada siklus II sebesar 73%. Nilai rata-rata kelas hasil ulangan pada pra tindakan sebesar 52 23 pada siklus I meningkat menjadi 69 dan pada siklus II meningkat menjadi 77. Persentase ketuntasan pada pra tindakan sebesar 3 3% pada siklus I sebesar 63 33% dan pada siklus II meningkat menjadi 83 33%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa kelas VIII C SMPN 1 Suruh Kabupaten Trenggalek.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18492 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |