Pengembangan bahan ajar fisika berbasis CAI tutorial pokok bahasan hukum-hukum Newton tentang gerak untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas X SMA / Mochamad Kholid Syaifudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar fisika berbasis CAI tutorial pokok bahasan hukum-hukum Newton tentang gerak untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas X SMA / Mochamad Kholid Syaifudin

Syaifudin, Mochamad Kholid (2013) Pengembangan bahan ajar fisika berbasis CAI tutorial pokok bahasan hukum-hukum Newton tentang gerak untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas X SMA / Mochamad Kholid Syaifudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Syaifudin M. Kholid. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis CAI Tutorial Pokok Bahasan Hukum-hukum Newton tentang Gerak untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA Kelas X. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Supriyono Koes H M.Pd MA (II) Dr. Sentot Kusairi M.Si. Kata Kunci Bahan Ajar CAI Tutorial Pemahaman Konsep Hukum-hukum Newton tentang gerak. Fisika merupakan ilmu yang banyak mengandung matematis. Hasil penelitian Rochmah (2008 2) kekhususan fisika dibandingkan dengan ilmu lain adalah sifatnya yang kuantitatif yaitu penggunaan konsep-konsep dan hubungan antara konsep yang banyak menggunakan perhitungan matematis. Salah satu materi fisika yang mengandung banyak konsep abstrak dan matematis adalah Hukum-hukum Newton tentang Gerak SMA kelas X. Materi ini sulit dipahamkan kepada siswa dikarenakan keterbatasan tenaga dan waktu yang dimiliki oleh guru dalam pembelajaran. Perlu adanya media komunikasi untuk membantu guru dalam pembelajaran materi tersebut. Media komunikasi dalam pembelajaran salah satunya yaitu bahan ajar. Bahan ajar fisika berbasis CAI Tutorial merupakan bahan ajar yang dapat membantu guru dalam pembelajaran dikarenakan komputer bisa berperan sebagai tutor/pembimbing bagi siswa untuk belajar mandiri. Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan menghasilkan dan mengetahui kelayakan tutorial fisika berbasis CAI pokok bahasan Hukum-hukum Newton pada siswa SMA kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengadopsi Model Pengem-bangan Borg and Gall (dalam Sukmadinata 2012 169) hingga langkah kelima yaitu revisi hasil uji coba. Langkah-langkah tersebut dimodifikasi menjadi tiga langkah pokok yaitu studi pendahuluan pengembangan produk dan uji coba produk. Produk akhir dikemas dalam bentuk CD pembelajaran yang terdiri dari materi gambar animasi video tutorial dan soal evaluasi. Karena keterbatasan waktu dan biaya validasi pada penelitian ini hanya validasi materi dan media.Uji coba terbatas dilakukan pada 10 siswa kelas X SMA N 10 Malang reguler. Pengambilan data uji coba dilakukan menggunakan instrumen berupa angket kepada ahli materi ahli media dan pengguna (siswa). Ahli materi terdiri atas dua orang yaitu dosen fisika Universitas Negeri Malang dan guru fisika SMA N 10 Malang reguler. Ahli media adalah dosen fisika Universitas Negeri Malang yang berpengalaman di bidang media komputer. Berdasarkan hasil analisis data diketahui tingkat kelayakan tutorial fisika yang dikembangkan sebesar 75% menurut ahli materi dan sebesar 76% menurut ahli media. Uji keterbacaan oleh pengguna (siswa) diperoleh data berupa kata-kata sulit dan saran serta kritik sebagai bahan direvisi bahan ajar. Bahan ajar yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria layak menurut para ahli media dan materi. Produk dapat diujicobakan lebih lanjut untuk mengetahui kelayakannya ketika digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18490

Actions (login required)

View Item View Item