Remidiasi pemahaman konsep siswa kelasa X tentang pembentukan bayangan oleh pembiasan pada permukaan datar dan lensa menggunakan pertanyaan socratik / Arlilla Anugrahini - Repositori Universitas Negeri Malang

Remidiasi pemahaman konsep siswa kelasa X tentang pembentukan bayangan oleh pembiasan pada permukaan datar dan lensa menggunakan pertanyaan socratik / Arlilla Anugrahini

Anugrahini, Arlilla (2013) Remidiasi pemahaman konsep siswa kelasa X tentang pembentukan bayangan oleh pembiasan pada permukaan datar dan lensa menggunakan pertanyaan socratik / Arlilla Anugrahini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anugrahini Arlilla. 2013. Remidiasi Pemahaman Konsep Siswa Kelas X tentang Pembentukan Bayangan oleh Pembiasan pada Permukaan Datar dan Lensa Menggunakan Pertanyaan Socratik. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sutopo M.Si (II) Drs. Asim M.Pd. Kata Kunci remidiasi pertanyaan Socratik pembentukan bayangan Setelah menyelesaikan pembelajaran optika geometri banyak siswa di sebuah SMA di kota Malang yang mengalami kesulitan dalam menjelaskan bayangan yang terbentuk dari proses pembiasan baik pada permukaan datar maupun lensa. Kesulitan siswa ini diketahui dari hasil pembelajaran ketika siswa diminta untuk menggambarkan pembentukan bayangan pada lensa dan dari kegiatan praktikum untuk lebih mengetahui letak kesulitan siswa dilakukan tes awal agar kesulitan-kesulitan siswa tersebut dapat ditanggulangi dengan metode yang tepat. Penelitian ini dimaksudkan untuk meremidiasi kesulitan tersebut dengan menggunakan pertanyaan Socratik. Remidiasi difokuskan pada pembentukan bayangan oleh pembiasan pada permukaan datar dan lensa serta karakteristik bayangan nyata dan maya. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian terdiri atas sepuluh siswa yang mengalami kesulitan sebagaimana telah disebutkan. Data penelitian berupa kata-kata gambar dan hasil pekerjaan siswa yang selanjutnya digunakan untuk mendeskripsikan bagaimana remidiasi berlangsung beserta keberhasilannya. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi data reduction data display dan conclusion drawing/verification. Proses remidiasi dilakukan dengan menggunakan pertanyaan Socratik yang dilengkapi dengan menghadirkan fenomena melalui kegiatan praktikum. Proses tersebut dapat membantu siswa mengatasi kesulitannya. Kesepuluh siswa yang di-remidi dapat menggambarkan pembentukan bayangan dengan benar walaupun hanya dua dari sepuluh siswa yang dapat menggambarkannya secara sempurna. Selain itu siswa dapat memperbaiki dan melengkapi pengetahuannya tentang karakteristik bayangan nyata dan maya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18489

Actions (login required)

View Item View Item