Pengaruh tahap observasi awal sebagai tugas terstruktur pada model inkuiri induktiof terhadap hasil bel;ajar kognitif siswa kelas X SMAN 1 Malang pokok bahasan Listrik Dinamis / Anis Rohma Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh tahap observasi awal sebagai tugas terstruktur pada model inkuiri induktiof terhadap hasil bel;ajar kognitif siswa kelas X SMAN 1 Malang pokok bahasan Listrik Dinamis / Anis Rohma Rahayu

Rahayu, Anis Rohma (2013) Pengaruh tahap observasi awal sebagai tugas terstruktur pada model inkuiri induktiof terhadap hasil bel;ajar kognitif siswa kelas X SMAN 1 Malang pokok bahasan Listrik Dinamis / Anis Rohma Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rahayu Anis Rohma. 2013. Pengaruh Tahap Observasi Awal Sebagai Tugas Terstruktur Pada Model Inkuiri Induktif Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X Sman 1 Malang Pokok Bahasan Listrik Dinamis. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Subani (II) Drs. Kadim Masjkur M. Pd Kata Kunci tahap observasi awal tugas terstruktur inkuiri induktif hasil belajar. Berdasarkan penelitian yang terdahulu didapatkan bahwa dalam menerapkan model pembelajaran inkuiri induktif dibutuhkan waktu yang cukup lama sehingga perlu alternatif lain untuk memaksimalkan penerapan model inkuiri induktif. Untuk salah satu alternatif digunakan tahap observasi awal sebagai tugas terstruktur pada model inkuiri induktif yang dilakukan di luar kelas dengan harapan waktu yang digunakan di dalam kelas untuk berdiskusi dan menyelesaikan masalah. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian Prerest-Postest Control Group Design. Kelas eksperimen diajar menggunakan model inkuiri induktif dengan tahap observasi dilakukan di luar kelas sedangkan untuk kelas kontrol semua tahapan pada model inkuiri induktif dilaksanakan di dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model inkuiri induktif dengan tahap observasi dilakukan di luar kelas lebih baik daripada siswa yang diajar menggunakan model inkuiri induktif dengan keseluruhan tahapannya dilakukan di dalam kelas. Instrumen pada penelitian ini ialah instrumen perlakuan dan pengukuran. Instrumen perlakuan berupa RPP dan LKS sedangkan untuk instrumen pengukuran berupa soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model inkuiri induktif dengan tahap observasi dilakukan di luar kelas lebih baik daripada siswa yang diajar menggunakan model inkuiri induktif yang keseluruhan tahapannya dilakukan di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18488

Actions (login required)

View Item View Item