Pengaruh model pembelajaran guided inquiry berbasis resitasi terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang / Bely Putri Kutasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran guided inquiry berbasis resitasi terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang / Bely Putri Kutasari

Kutasari, Bely Putri (2013) Pengaruh model pembelajaran guided inquiry berbasis resitasi terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang / Bely Putri Kutasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kutasari Bely Putri. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Resitasi terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Malang. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sumarjono M.Pd. (II) Drs. Purbo Suwasono M.Si. Kata kunci guided inquiry resitasi prestasi belajar. Agar siswa dapat belajar dengan baik guru perlu men ciptakan lingkungan belajar yang mendukung sehingga dapat berdampak positif terhadap prestasi bela-jar. Untuk menciptakan lingkungan belajar yang aktif ino vatif kreatif efektif dan menyenangkan guru dapat mengupayakan berbagai cara. Model pembelajaran guided inquiry yang dipadu dengan metode resitasi me mungkinkan siswa untuk menemukan memahami dan memperdalam materi yang sedang dipelajari secara lebih mandiri. Namun guru juga berperan untuk membimbing dan mengarahkan kegiatan siswa sehingga pembelajaran siswa lebih bermakna dan sesuai dengan tu-juan pem belajaran yang diharapkan. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided inquiry berba sis resitasi terhadap prestasi belajar fisika siswa. Penelitian ini merupakan eksperimen semu yang dilakukan di SMA Negeri 7 Malang pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang tahun ajaran 2012/2013. Sampel penelitian ini adalah kelas X-7 (kelas yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran guided inquiry berbasis resitasi) dan X-5 (kelas yang dibela-jarkan menggunakan model pembelajaran direct instruction). Data prestasi belajar fisika siswa diperoleh dari posttest yang dianalisis menggunakan analisis variansi satu jalur dilanjutkan uji Tukey HSD. Soal pretest dan posttest merupakan soal dengan jenis dan jumlah yang sama. Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara prestasi belajar fisika siswa yang dibelajarkan mengguna-kan model pembelajaran guided inquiry berbasis resitasi dengan siswa yang dibe-lajarkan menggunakan model pembelajaran direct instruction. Hal ini didukung oleh hasil uji hipotesis analisis variansi satu jalur Fh 10 785 6 960 (Ftabel) dengan taraf signifikansi 0 01. Prestasi belajar fisika siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran guided inquiry berbasis resitasi lebih tinggi dari prestasi belajar fisika siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembela jaran direct instruction.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18487

Actions (login required)

View Item View Item