Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis REACT untuk materi kontinuitas pelajaran fisika SMA / Ulfia Favorita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis REACT untuk materi kontinuitas pelajaran fisika SMA / Ulfia Favorita

Favorita, Ulfia (2013) Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis REACT untuk materi kontinuitas pelajaran fisika SMA / Ulfia Favorita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Favorita Ulfia. 2013. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis REACT untuk Materi Kontinuitas Pelajaran Fisika SMA. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Supriyono Koes H. M.Pd MA (II) Drs. Yudyanto M.Si Kata kunci pengembangan multimedia fisika REACT. 12288 12288 12288 12288 Pada era global seperti saat ini teknologi berkembang sangat pesat termasuk di dalamnya perkembangan teknologi komputer dalam dunia pendidikan. Oleh sebab itu multimedia banyak dimanfaatkan untuk pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan multimedia berbasis REACT pada pokok bahasan kontinuitas yang layak untuk pembelajaran. Materi kontinuitas ini penting untuk dikembangkan dalam bentuk multimedia karena kontinuitas hanya berlaku pada fluida ideal yang sulit ditemukan pada kehidupan nyata. 12288 12288 Desain pengembangan produk multimedia pembelajaran ini menggunakan model Borg dan Gall. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang dilakukan adalah (1) Observasi awal dan pengumpulan data informasi dilakukan dengan observasi dan pembagian angket serta kajian teoritik (2) Pengembangan bentuk produk (3) Validasi dari validator yaitu dua orang dosen fisika dan dua orang guru fisika kelas XI (4) Revisi produk berdasarkan validasi tim ahli (5) Kegiatan uji coba produk skala terbatas yang hanya dilakukan dengan melibatkan 20 siswa. Pengembangan produk multimedia ini menggunakan software SwishMax 2004. Produk multimedia pembelajaran ini terdiri atas tiga komponen utama yaitu sajian teks berupa kumpulan materi disertai visualisasi gambar serta animasi praktikum dan latihan soal sebagai bahan evaluasi. Produk multimedia ini dikemas dalam bentuk CD autorun. Multimedia pembelajaran komputer ini dapat menampilkan konsep-konsep fisika yang abstrak menjadi nyata baik dengan visualisasi statis (gambar diam) maupun dinamis (animasi). Produk multimedia ini divalidasi oleh ahli materi ahli media dan pengguna (guru dan siswa) dengan instrumen validasi berupa angket. 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum produk multimedia yang dikembangkan cukup valid. Tingkat kevalidan multimedia pembelajaran yang dikembangkan menurut ahli media sebesar 73.44 % menurut ahli materi sebesar 77.78% menurut guru sebesar 94.18 % dan menurut siswa sebesar 82 95%. Disarankan untuk dilakukan eksperimen agar diketahui keefektivan produk multimedia dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18486

Actions (login required)

View Item View Item