Arifin, Muhamad Zaenal (2013) Pengembangan bahan ajar fisika berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) materi elastisitas dan getaran penunjang pembelajaran bermakna siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tumpang tahun 2012/2013 / Muhamad Zaenal Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Arifin Muhamad Zaenal. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Materi Elastisitas Dan Getaran Penunjang Pembelajaran Bermakna Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tumpang Tahun 2012/2013. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Malang. Pembimbing (1) Drs. Dwi Haryoto M.Pd (2) Dr. Supriyono Koes Handayanto M.Pd M.A Kata kunci pengembangan bahan ajar contextual teaching and learning bahan ajar kontekstual pembelajaran bermakna. Bahan ajar merupakan sarana belajar yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan pembagian angket tentang bahan ajar terhadap siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tumpang siswa menggunakan bahan ajar yang konvensional. Bahan ajar yang dimiliki siswa kelas XI IPA berasal dari fotokopi buku guru dan hanya berisi rangkuman rumus contoh soal dan latihan soal. Siswa masih merasa sulit memahami materi dalam bahan ajar yang mereka gunakan dan membantu sekedar untuk mengetahui rumus-rumus fisika ketika mengerjakan latihan soal. Dari permasalahan itulah dicoba untuk mencari jalan keluarnya yaitu melalui pengembangan bahan ajar yang kontekstual menarik sehingga memudahkan siswa mempelajari fisika. Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan modifikasi model prosedural deskriptif Borg dan Gall (2003). Di dalam penelitian ini ditetapkan lima langkah dengan pertimbangan pengembangan ini terbatas pada pengembangan produk yang layak. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang dilakukan adalah (1) Observasi awal dan pengumpulan data informasi dilakukan dengan observasi dan pembagian angket serta kajian teoritik (2) Pengembangan bentuk produk (3) Validasi dari validator yaitu dua orang dosen fisika dan satu orang guru fisika kelas XI (4) Revisi produk berdasarkan validasi tim ahli (5) Kegiatan uji coba produk skala terbatas yang hanya dilakukan dengan melibatkan 12 siswa. Hasil akhir produk pengembangan dari hasil revisi produk akhir berupa bahan ajar fisika berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) materi elastisitas dan getaran penunjang pembelajaran bermakna kelas XI SMA Negeri 1 Tumpang Tahun 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan lembar observasi. Jenis data penelitian terdiri dari data kuantitatif berupa penilaian dari validator dan data kualitatif berupa komentar dan saran dari validator. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data persentase. Berdasarkan hasil validasi bahan ajar siswa memperoleh presentase 95 45% dan bahan ajar guru memperoleh presentase 93 30%. Berdasarkan hasil ujicoba terbatas pada siswa bahan ajar siswa memperoleh nilai presentase 84 33%. Jadi dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria layak/valid menurut validator dan pengguna.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18484 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |