Pengembangan bahan ajar fisika berbantuan komputer berkarakter nilai al-Qur'an pokok bahasan fluida statis / Mukhamad Adharul Mudtaqin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar fisika berbantuan komputer berkarakter nilai al-Qur'an pokok bahasan fluida statis / Mukhamad Adharul Mudtaqin

Mudtaqin, Mukhamad Adharul (2013) Pengembangan bahan ajar fisika berbantuan komputer berkarakter nilai al-Qur'an pokok bahasan fluida statis / Mukhamad Adharul Mudtaqin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mudtaqin Mukhamad Adharul. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbantuan Komputer Berkarakter Nilai Al qur an Pokok Bahasan Fluida Statis. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Widjianto M.Si (II) Sulur S.Pd M.Si M.T.D. Kata Kunci Bahan Ajar Berbantuan Komputer Nilai Al-Qur an Pendidikan karakter perlu diselenggarakan untuk mengatasi turunnya kualitas moral terutama di kalangan siswa. Pendidikan karakter akan digalakkan dalam kurikulum 2013. Guru sebagai pendidik mempunyai tanggung jawab yang besar dalam proses mendidik moral siswa. Oleh karena itu dalam proses pembelajarannya seorang guru memerlukan bahan ajar yang sesuai seperti bahan ajar yang berkarakter. Nilai karakter yang dikembangkan salah satunya adalah nilai agama. Nilai agama dapat berupa nilai al qur an. Kurikulum 2013 dikembangkan berdasarkan prinsip tanggap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam proses pembelajaran perlu diberikan sentuhan teknologi agar pembelajaran yang berlangsung lebih efektif. Jadi seorang guru juga memerlukan bahan ajar yang tanggap dengan perkembangan teknologi. Bahan ajar berbantuan komputer dipandang sebagai satu alternatif yang dapat diambil. Berdasarkan studi pustaka yang telah dilakukan penulis belum menemukan bahan ajar yang memaksimalkan penggunaan teknologi yang dibekali dengan pendidikan karakter. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pengembangan bahan ajar tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengembangkan bahan ajar fisika berbantuan komputer yang berkarakter nilai al qur an dan (2) menguji kelayakan bahan ajar fisika berbantuan komputer yang berkarakter nilai al qur an. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa angket. Setelah pembuatan bahan ajar selesai dilakukan validasi. Validasi digunakan untuk mengukur kelayakan materi dan kelayakan media bahan ajar. Validasi dilakukan oleh ahli. Selain itu juga dilakukakn uji coba lapangan terhadap keterbacaaan bahan ajar oleh siswa yang telah menempuh meteri fluida statis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan termasuk kategori layak baik dari sisi materi maupun segi media. Bahan ajar mendapatkan nilai rata-rata 3 35untuk kelayakan materi dan nilai rata-rata 3 38 untuk kelayakan media. Akan tetapi bahan ajar belum bisa digunakan dalam proses pembelajaran fisika di kelas. Perlu adanya tahapan lebih lanjut untuk menelaah bahan ajar seperti pengujian bahan ajar dalam kelas sesungguhnya. Kelebihan bahan ajar yang dikembangkan antara lain (1) disusun berdasarkan kurikulum 2013 (2) disusun sesuai dengan kebutuhan dan keinginan siswa dan guru (3) adanya penanaman karakter nilai al qur an dalam materi (4) terdapat lembar kegiatan siswa dan (5) menyajikan permasalahan yang terjadi pada kehidupan sehari-hari. Kekurangan bahan ajar ini antar lain perlunya penggunaan komputer dalam pengoperasiannya serta hanya terbatas pada pokok bahasan fluida statis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18483

Actions (login required)

View Item View Item