Maifulloh, Biref (2013) Upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar fisika siswa kelas VIII F SMP Negeri 07 Malang dengan model REACT / Biref Maifulloh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Model Pembelajaran REACT Keaktifan Belajar Siswa Hasil belajar Siswa Berdasar fakta yang ditemukan terdapat permasalahan keaktifan dan hasil belajar bagi siswa kelas VIII F SMP Negeri 07 Malang. Dalam observasi keaktifan ditemukan siswa tidak banyak bertanya hanya mendengarkan mencatat dan menjawab pertanyaan bila guru memberi pertanyaan. Rendahnya hasil belajar fisika dalam aspek kognitif ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang memperoleh nilai ulangan harian yang masih di bawah pedoman nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sekolah. Rendahnya kedua variabel tersebut dipicu karena salah memilih model pembelajaran. Faktor yang sangat penting adalah kemampuan guru dalam menguasai dan menerapkan metode serta teknik pembelajaran yang mampu memunculkan keaktifan belajar dalam diri siswa agar proses pembelajaran tidak membosankan.Model pembelajaran REACT adalah model yang mengutamakan keterkaitan (relating) mengalami (experiencing) menerapkan (applying) bekerja sama (cooperating) memindahkan (transferring). Berdasarkan uraian maka fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah keterlaksanaan penerapan pembelajaran model REACT untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA terutama fisika SMP Negeri 07 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan.Masing-masing siklus mempunyai 4 tahapan yaitu (1) planning (perencanaan) (2) action (tindakan) (3) observation(pengamatan) dan (4) reflection(refleksi). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 07 Malang tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah 36 siswa.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi wawancara dan tes Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran REACT dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika kelas VIII F SMP Negeri 07 Malang. Hal tersebut dapat diketahui dari keaktifan dan keantusiasan siswa dalam pembelajaran. Sebelum diterapkannya model pembelajaran ini siswa kurang aktif dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Persentase keterlaksanaan pembelajaran REACT pada Siklus I dan II terlihat bahwa keterlaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan di setiap fasenya. Keaktifan belajar siswa juga mengalami peningkatan dari Siklus I ke Siklus II. Hasil belajar pada Siklus I persentase nilai pretest yaitu 34% sedangkan pada postestnya mendapatkan 66%. Gain score ternormalisasi 0 4sedangkan pada Siklus II persentase nilai pretestyaitu sebesar 31% dan untuk posttest mendapatkan 68%. Gain score ternormalisasi 0 5
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18480 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |