Studi tentang penerapan pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada materi hukum OHM di kelas X-6 SMAN 1 Trenggalek / Sinta Nurrisa Karonsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang penerapan pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada materi hukum OHM di kelas X-6 SMAN 1 Trenggalek / Sinta Nurrisa Karonsih

Karonsih, Sinta Nurrisa (2013) Studi tentang penerapan pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada materi hukum OHM di kelas X-6 SMAN 1 Trenggalek / Sinta Nurrisa Karonsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci inkuiri terbimbing (guided inquiry) efektivitas hukum Ohm kete-ram pilan berpikir ilmiah Para ahli pendidikan sains merekomendasikan bahwa fisika perlu dibela jar-kan secara inkuiri karena sesuai dengan hakekat sains sebagai inkuiri. Ada beberapa tingkatan pembelajaran secara inkuiri mulai dari penemuan (discovery) sampai inkuiri bebas. Salah satu tipe pembelajaran inkuiri adalah inkuiri terbim bing (guided inquiry) dengan metode praktikum. Pembelajaran fisika dengan guided inquiry dipandang cocok diterapkan di Indonesia karena rata-rata siswa Indonesia masih memerlukan bimbingan dalam pelaksanaan praktikum baik me la lui bimbingan guru secara langsung maupun melalui buku panduan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hukum Ohm. Efektivitas pembelajaran dilihat dari aspek penguasaan siswa terhadap materi hukum Ohm dan sejauh mana keterampilan ber-pikir ilmiah dapat dilatihkan. Respon siswa terhadap pembelajaran juga digu na kan sebagai salah satu indikator. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi experiment one group pretest posttest yang dilengkapi dengan analisis deskriptif. Subjek peneliti an adalah siswa kelas X-6 SMAN 1 Trenggalek yang terdiri atas 11 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan pretest dan posttest observasi lembar kerja siswa dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dapat meningkatkan skor pemahaman konsep siswa tentang hukum Ohm dengan efek size cukup tinggi yaitu 0.72 tetapi dengan N-gain dalam kategori rendah yaitu 0.17. Pembelajaran juga bisa melatihkan keterampilan ber-pikir ilmiah siswa yang meliputi keterampilan merumuskan masalah merumuskan hipotesis merencanakan percobaan melaksanakan percobaan mengumpulkan da-ta mengolah data menganalisis data membuat grafik menginterpretasi grafik me rumuskan persamaan matematis membandingkan hasil analisis data dengan hi-potesis yang diajukan membuat kesimpulan dan mengkomunikasikan ha sil baik secara lisan maupun tertulis. Berdasarkan respon siswa siswa menjadi le bih mu dah untuk menerima mengerti dan memahami materi hukum Ohm. Ada nya ke gia tan praktikum juga lebih bisa menarik minat siswa dalam mem pelajari hu kum Ohm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18479

Actions (login required)

View Item View Item