Pengembangan bahan ajar fisika pokok bahasan interferensi cahaya berbasis discovery-inquiry untuk siswa kelas XII IPA MAN 3 Malang / Ely Rismawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar fisika pokok bahasan interferensi cahaya berbasis discovery-inquiry untuk siswa kelas XII IPA MAN 3 Malang / Ely Rismawati

Rismawati, Ely (2013) Pengembangan bahan ajar fisika pokok bahasan interferensi cahaya berbasis discovery-inquiry untuk siswa kelas XII IPA MAN 3 Malang / Ely Rismawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Bahan Ajar Fisika Interferensi Cahaya dan Discovery-Inquiry Pembelajaran fisika yang selama ini diterapkan di MAN 3 Malang sudah berpusat pada siswa. Hasil wawancara yang dilakukan terhadap guru MAN 3 Malang menyatakan bahwa pokok bahasan interferensi cahaya siswa tidak melakukan eksperimen sehingga siswa hanya mengerti tentang rumus-rumusnya saja. Siswa hanya melakukan eksperimen pada materi kisi difraksi. Pemahaman siswa mengenai konsep-konsep masih kurang. Bahan ajarnya hanya menekankan pada rumus-rumusnya saja. penerapan konsep dalam bahan ajar masih kurang. Hasil wawancara yang dilakukan terhadap siswa MAN 3 Malang adalah bahan ajar kurang menarik siswa merasa cepat bosan dalam mempelajarinya. Konsep yang dijelaskan pada bahan ajar juga masih kurang. Upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dapat digunakan bahan ajar yang menekankan pada keterampilan proses. Peneliti mencoba membuat bahan ajar dengan menggunakan pembelajaran discovery-inquiri yang mana pembelajaran tersebut merupakan pembelajaran yang menekankan pada penyelidikan (keterampilan proses) yang dilakukan oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan Bahan Ajar Fisika pada pokok bahasan Interferensi Cahaya di MAN 3 Malang dan mengetahui kelayakan Panduan Pembelajaran Bahan Ajar Fisika di MAN 3 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan lima langkah awal metode Borg dan Gall yaitu Menurut Borg dan Gall (Sukmadinata 2009). Instrumen penelitian ini adalah berupa angket validasi yang diberikan kepada dua dosen fisika dua guru fisika serta 9 siswa MAN 3 Malang. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif (validitas) yang mana menggunakan teknik rerata berupa persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan isi kelayakan bahasa dan penyajian isi bahan ajar siswa dan panduan pembelajaran guru (bahan ajar guru) berbasis discovery-inquiry dikategorikan layak yang ditunjukkan dengan persentase menyatakan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sangat valid dan cukup valid. Dengan kata lain tidak mengalami revisi dan ada revisi kecil. Revisi tersebut berdasarkan tanggapan kritik atau saran dari validator.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18476

Actions (login required)

View Item View Item