Studi tentang konsepsi siswa SMP pada konsep-konsep optika geometri / Shinta Dewi Novitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang konsepsi siswa SMP pada konsep-konsep optika geometri / Shinta Dewi Novitasari

Novitasari, Shinta Dewi (2013) Studi tentang konsepsi siswa SMP pada konsep-konsep optika geometri / Shinta Dewi Novitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Konsepsi Perubahan Konsepsi Optika Geometri Pembelajaran fisika di sekolah diharapkan mampu mendukung adanya perubahan konsepsi siswa menuju konsepsi yang benar. Menurut teori belajar konstruktivistik siswa datang ke sekolah dengan membawa pengetahuan awal (prakonsepsi) yang diperoleh dari pengalaman. Pengetahuan awal siswa sering kali tidak benar atau merupakan miskonsepsi. Optika geometri merupakan salah satu topik fisika yang sering dipahami secara salah oleh siswa. Banyak penelitian yang telah mengungkap miskonsepsi siswa tentang optika geometri namun masih sedikit penelitian yang mengungkap perubahan konsepsi siswa terkait dengan pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsepsi siswa tentang optika geometri dan perubahannya sebelum dan sesudah pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah konsepsi siswa dalam menjawab pertanyaan tentang fokus penelitian sebelum dan sesudah pembelajaran. Data diperoleh dengan teknik tes diagnostik wawancara dan observasi. Instrumen tes dikembangkan menjadi sembilan soal pilihan ganda dan empat soal essay. Siswa diperbolehkan memilih lebih dari satu opsi jawaban yang mereka anggap benar. Data kuantitatif didasarkan pada jawaban siswa dari tes diagnostik yang diberikan pada tes awal dan tes akhir. Selanjutnya perubahan konsepsi yang dimiliki siswa dilihat berdasarkan kualitas jawaban siswa melalui crosstabulasi. Kualitas jawaban siswa dikategorikan menjadi tiga level (tingkatan). Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perubahan konsepsi siswa setelah pembelajaran. Konsepsi siswa yang mengalami perubahan ke arah konsepsi benar adalah konsepsi tentang 1) bayang-bayang (shadow) 2) sifat bayangan oleh cermin cembung 3) sinar-sinar istimewa dan 4) pembiasan cahaya. Konsepsi siswa yang mengalami perubahan ke arah konsepsi salah adalah konsepsi tentang 1) proses melihat 2) letak bayangan pada cermin datar dan 3) sifat bayangan oleh cermin cekung. Sedangkan konsepsi tentang karakteristik bayangan cenderung tidak mengalami perubahan baik sebelum maupun sesudah pembelajaran. Secara umum pembelajaran belum memberikan pengalaman belajar yang cukup bagi siswa untuk memahami konsep-konsep optika geometri yang diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18475

Actions (login required)

View Item View Item