Pengembangan bahan ajar fisika berbasis REACT materi bunyi untuk siswa kelas VIII SMP / Putri Purbosari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar fisika berbasis REACT materi bunyi untuk siswa kelas VIII SMP / Putri Purbosari

Purbosari, Putri (2013) Pengembangan bahan ajar fisika berbasis REACT materi bunyi untuk siswa kelas VIII SMP / Putri Purbosari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Purbosari Putri. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis REACT Materi Bunyi untuk siswa Kelas VIII SMP. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Endang Purwaningsih M.Si (II) Drs. Kadim Masjkur M.Pd. Kata Kunci bahan ajar REACT bunyi Bahan ajar yang digunakan di sekolah sedikit mengaitkan materi dalam kehidupan sehari-hari tampilan bahan ajar hanya hitam putih saja isi bahan ajar lebih banyak memberikan informasi bukan mengajak siswa menemukan konsep. Diperlukan bahan ajar yang dapat menuntun siswa untuk menemukan konsep menerapkan konsep dalam kehidupan sehari-hari dan melatih siwa untuk aktif berpikir (minds on) dan bertindak secara fisik (hands on). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar fisika berbasis REACT materi bunyi untuk siswa SMP kelas VIII. Bahan ajar yang dikembangkan menggunakan model pembelajaran dimana siswa dapat mengkonstruk konsep secara mandiri. Untuk itu dipilih bahan ajar yang di susun berdasarkan model pembelajaran REACT. Bahan ajar yang dikembangkan terdiri dari bahan ajar siswa dan panduan guru. Jenis penelitian yang digunakan berupa penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Borg Gall. Penelitian ini terdiri dari 10 langkah tetapi dalam penelitian ini hanya diambil lima langkah meliputi (1) studi pendahuluan (2) Pembuatan Draft rancangan produk (3)pengembangan produk validasi (4) Uji coba terbatas (5) revisi produk akhir. Kelayakan bahan ajar dilakukan oleh dua dosen fisika dan dua guru SMP. Uji keterbacaan dilakukan oleh 9 siswa. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. data kuantitatif diperoleh dari penilaian subjek coba dengan skala Likert 1-4 sedangkan data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran subjek coba yang digunakan sebagai dasar revisi produk bahan ajar. Hasil kelayakan bahan ajar siswa dan panduan guru berdasarkan hasil dari ahli dinyatakan valid/ layak dan ada beberapa revisi. Selesai di revisi bahan ajar siswa tersebut di uji cobakan dengan uji keterbacaan pada siswa SMP. Bahan ajar ini hanya valid/ layak saja tetapi belum layak digunakan karena masih perlu di uji empiris dan di ekesperimenkan ke sekolah lain kemudian di validasikan lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18469

Actions (login required)

View Item View Item