Budiningsih, Sri (2013) Pengembangan instrumen diagnostik three-tier untuk mengidentifikasi miskonsepsi listrik dinamis siswa kelas X SMA / Sri Budiningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Budiningsih Sri. 2013. Pengembangan Instrumen Diagnostik Three Tier untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Listrik Dinamis Siswa Kelas X SMA. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhardjito M.S (II) Drs. Asim M.Pd. Kata kunci miskonsepi listrik dinamis instrumen diagnostik three tier. 12288 12288 12288 Fisika merupakan ilmu yang mempelajari tentang sifat-sifat gerak materi dan fenomena yang berhubungan dengan energi. Tujuan pembelajaran fisika mengutamakan penguasaan konsep dan prinsip. Penguasaan konsep dan prinsip fisika siswa bisa diketahui dari tes. Hasil tes yang kurang baik menandakan siswa mengalami kesulitan belajar. Salah satu penyebab kesulitan belajar siswa adalah terjadi miskonsepsi. Miskonsepsi dapat terjadi secara universal termasuk ilmu fisika khususnya pada konsep listrik dinamis. Sudah banyak cara yang digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa salah satunya adalah menggunakan instrumen diagnostik three tier. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan instrumen diagnostik three tier untuk megidentifikasi miskonsepsi siswa pada konsep listrik dinamis. Produk akhir berupa soal dengan lima pilihan jawaban lima alasan dan derajat keyakinan. 12288 12288 12288 Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu model pengembangan Research and Development (R D) dari Borg dan Gall yang hanya diambil hingga langkah kelima yaitu revisi produk. Langkah-langkah tersebut terdiri dari tiga bagian pokok yang sudah dimodifikasi yaitu studi pendahuluan pengembangan produk dan uji coba produk. Sebelum produk diujicobakan kepada siswa terlebih dahulu divalidasi oleh ahli dengan menggunakan angket. Produk yang telah direvisi berdasarkan penilaian dan saran dari ahli kemudian diujicobakan secara terbatas kepada siswa kelas X SMAN 1 Turen untuk mengukur kelayakan butir soal. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis penilaian oleh ahli diperoleh validitas isi sebesar 90% sehingga instrumen tes memenuhi kriteria valid. Hasil analisis butir soal pada uji coba terbatas diperoleh 28 butir soal memenuhi kriteria valid dengan reliabilitas sangat tinggi. Instrumen diagnostik three tier sudah memenuhi kriteria layak untuk mengidentifikasi miskonsepsi listrik dinamis. 12288 12288 12288 12288 Hasil analisis deskriptif hasil penerapan instrumen diagnostik three-tier sebesar 27 7% siswa mengalami miskonsepsi pada materi listrik dinamis dan 23 1% siswa tidak tahu konsep listrik dinamis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18468 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |