Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII-C SMP Negeri 8 Malang tahun ajaran 2012/2013 / Siska Puspita Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII-C SMP Negeri 8 Malang tahun ajaran 2012/2013 / Siska Puspita Dewi

Dewi, Siska Puspita (2013) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII-C SMP Negeri 8 Malang tahun ajaran 2012/2013 / Siska Puspita Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci inkuiri terbimbing ketrampilan proses sains prestasi belajar Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SMP Negeri 8 Malang pembelajaran yang dilakukan guru di kelas VIII-C selalu menggunakan metode ceramah dan guru tidak pernah melakukan demonstrasi atau percobaan. Akibatnya keterampilan proses sains siswa tidak pernah dilatihkan sehinga prestasi belajar yang dicapai siswa juga rendah. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan pemilihan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat melatih ketrampilan proses siswa adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing. Model pembelajaran ini melatih siswa untuk mengamati mengajukan pertanyaan menggunakan alat dan bahan mengumpulkan data berkomunikasi dan membuat kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan prestasi belajar siswa kelas VIII-C SMP Negeri 8 Malang. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 di kelas VIII-C SMP Negeri 8 Malang yang terdiri dari 40 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan tindakan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Materi yang diajarkan untuk siklus 1 adalah pemantulan cahaya sedangkan untuk siklus 2 adalah pembiasan cahaya. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan menghitung persentase keterlaksanaan pembelajaran ketrampilan proses sains dan prestasi belajar kemudian membandingkan antara siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan ketrampilan proses sains dan prestasi belajar. (1) Keterlaksanaan proses pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing pada siklus I diperoleh sebesar 88 01% dengan kualifikasi baik dan pada siklus II sebesar 91.43% dengan kualifikasi sangat baik. Terjadi peningkatan sebesar 3.42%. (2) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Pada siklus I yang diperoleh persentase rata-rata 74% dengan kualifikasi baik dan menjadi 77 12% pada siklus II dengan kualifikasi baik. (3) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata kelas sebelum diberi tindakan adalah 55 tes siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 72 3 dan tes siklus II diperoleh nilai 79 6. Ditinjau dari ketuntasannya pada pra siklus hanya 20% siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 42 5% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 67 5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18467

Actions (login required)

View Item View Item