Pengaruh strategi pembelajaran predict observe explain terhadap motivasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Turen tahun pelajaran 2012/2013 / Anjar Pranggawan Azhari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran predict observe explain terhadap motivasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Turen tahun pelajaran 2012/2013 / Anjar Pranggawan Azhari

Azhari, Anjar Pranggawan (2013) Pengaruh strategi pembelajaran predict observe explain terhadap motivasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Turen tahun pelajaran 2012/2013 / Anjar Pranggawan Azhari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Strategi pembelajaran predict observe explain motivasi belajar prestasi belajar Tuntutan utama dalam mempelajari FisikaSMAdi Indonesia adalah penguasaan konsep-konsep fisika dan terampil melakukan kerja ilmiah. Tuntutan itu akan menjadi bekal bagi siswa untuk menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan fisika. Pembelajaran fisika saat ini masih berpusat pada guru menyebabkan tuntutan utama itu sukar tercapai. Selain itu rendahnya motivasi dan prestasi belajar siswa adalah dampak lainnya. Oleh karena itu dibutuhkan strategi pembelajaran yang inovatif yang berpusat pada siswa. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan adalah predict observe explain (POE). Strategi POE ini terdiri dari tiga tahap yaitu tahap predict observe dan explain.Tujuan penelitian ini secara rinci adalah 1) untuk menguji apakah motivasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Turen yang belajar menggunakan strategi pembelajaran predict observe explain lebih tinggi dibandingkan siwa yang belajar dengan strategi pembelajaran konvensional dan 2) untuk menguji apakah prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Turen yang belajar menggunakan strategi pembelajaran predict observe explain lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalahpra-tes pasca-tes. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Turen. Teknik penentuan sampel penelitian adalah purposive cluster sampling dan terpilih kelas X-8 dan kelas X-9. Kelas X-8 berjumlah 32 siswa ditetapkan sebagai kelompok eksperimen dan kelas X-9 berjumlah 34 siswa ditetapkan sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi perlakuan strategi pembelajaran POE sedangkan kelompok kontrol diberi perlakuan strategi pembelajaran konvensional. Materi yang diajarkan adalah materi listrik dinamis.Hipotesis penelitian diuji dengan statistik parametrikanalisis varian satu jalan. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan ditarik kesimpulan bahwa 1) motivasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Turen yang belajar dengan strategi pembelajaran predict observe explain lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran konvensional dan 2) prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Turen yang belajar dengan strategi pembelajaran predict observe explain lebih baik dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran konvensional. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18465

Actions (login required)

View Item View Item