Pengembangan bahan ajar fisika berbasis masalah pokok bahasan getaran dan gelombang untuk SMP kelas VIII semester II / Emi Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar fisika berbasis masalah pokok bahasan getaran dan gelombang untuk SMP kelas VIII semester II / Emi Lestari

Lestari, Emi (2013) Pengembangan bahan ajar fisika berbasis masalah pokok bahasan getaran dan gelombang untuk SMP kelas VIII semester II / Emi Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Bahan Ajar Problem Based Learning (PBL) Bahan Ajar Berbasis Masalah Getaran dan Gelombang. Pengemasan bahan ajar fisika dan implementasinya hendaknya diorientasikan pada penyediaan peluang kepada siswa dalam pencapaian pemahaman dan hasil belajar siswa. Namun pengemasan bahan ajar fisika selama ini masih bersifat linear yaitu bahan ajar yang hanya menyajikan konsep dan prinsip contoh-contoh soal dan pemecahannya dan soal-soal latihan. Kemasan buku ajar fisika yang digunakan sebagai pegangan siswa maupun guru belum dikemas secara komprehensip yang berisikan sajian masalah real miskonsepsi konsep-konsep esensial contoh konseptual dan kontekstual yang mengintegrasikan teknologi serta dalam lingkungan problem-based learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar fisika berbasis masalah pada pokok bahasan getaran dan gelombang untuk SMP kelas VIII agar mempermudah siswa dalam mempelajari konsep getaran dan gelombang. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengukur kelayakan produk yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan dengan langkah-langkah meliputi tahap penelitian dan pengumpulan data perencanaan pengembangan produk uji coba lapangan awal dan revisi produk. Penelitian ini menggunakan teknik validasi isi yang dilakukan oleh validator yang berasal dari pihak dosen dan guru sebagai ahli serta dilakukan uji coba awal terhadap siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang disertai rubrik. Jenis data penelitian meliputi data kuantitatif berupa penilaian validator berdasarkan Skala Likert dan data kualitatif berdasarkan komentar dan saran dari validator. Produk akhir penelitian ini adalah bahan ajar fisika berbasis masalah pada pokok bahasan getaran dan gelombang beserta buku panduan guru. Berdasarkan hasil analisis data produk akhir yang dihasilkan sudah memenuhi kriteria layak dan sudah direvisi pada beberapa bagian berdasarkan komentar dan saran dari validator. Produk akhir yang dihasilkan memiliki karakteristik yang berbeda dari bahan ajar yang lain diantaranya setiap awal materi diawali dengan permasalahan-permasalahan yang di ambil dari lingkungan sekitar untuk memotivasi siswa belajar dan harus diselesaikan secara berkelompok dengan prakikum maupun diskusi setiap pembahasan diperjelas dengan gambar pembahasannya sederhana dan mudah dimengerti siswa terdapat jelajah internet dan peta konsep serta desain isi lebih menarik dan full color.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18463

Actions (login required)

View Item View Item