Pengaruh model pembelajaran think-pair-share - problem posing terhadap hasil belajar fisika dan kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 9 Malang / Tri Murdiyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran think-pair-share - problem posing terhadap hasil belajar fisika dan kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 9 Malang / Tri Murdiyanto

Murdiyanto, Tri (2013) Pengaruh model pembelajaran think-pair-share - problem posing terhadap hasil belajar fisika dan kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 9 Malang / Tri Murdiyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci belajar fisika Think-Pair-Share-Problem Posing hasil belajar fisika kemampuan berpikir kritis Belajar fisika melibatkan banyak komponen dan faktor yang perlu dipertimbangkan salah satunya adalah pemilihan metode pembelajaran yang tepat. Berdasarkan hasil pengamatan di SMP Negeri 9 Malang khususnya kelas VIII diketahui bahwa hasil belajar fisika dan kemampuan berpikir siswa masih rendah yakni belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal. Upaya mengatasi permasalahan tersebut maka diterapkan metode pembelajaran berbasis Think-Pair-Share-Problem Posing. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah hasil belajar fisika dan kemampuan berpikir kritis siswa SMPN 9 Malang yang diajar dengan Think-Pair-Share-Problem Posing lebih tinggi daripada yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan Quasy Experiment (eksperimen semu) dengan model Postest Control Group Design. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t satu pihak untuk hasil belajar fisika maupun kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan deskripsi dan analisis data yang telah dilakukan. Nilai rata-rata hasil belajar siswa sampel yang diajar menggunakan Think-Pair-Share-Problem Posing 82 03 dan nilai kemampuan berpikir kritis 71 75 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa sampel yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional 78 50 dan nilai kemampuan berpikir kritis 60 5. Selanjutnya berdasarkan uji hipotesis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui uji-t bahwa untuk hasil belajar diperoleh thitung 5 00 sedangkan ttabel (70 .05) 1 99 berarti thitung ttabel maka hipotesis diterima sedangkan untuk kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung 5 65 sedangkan ttabel (70 .05) 1 99 berarti thitung ttabel maka hipotesis diterima. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa hasil belajar fisika dan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Think-Pair-Share-Problem Posing lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Oleh karena itu kepada guru fisika di SMPN 9 Malang dan pada umumnya dapat menerapkan metode pembelajaran dengan Think-Pair-Share-Problem Posing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18462

Actions (login required)

View Item View Item