Pengembangan model asesmen formatif mandiri berbantuan komputer untuk mendukung pembelajaran fisika SMA kelas X / Novi Arianti

Arianti, Novi (2013) Pengembangan model asesmen formatif mandiri berbantuan komputer untuk mendukung pembelajaran fisika SMA kelas X / Novi Arianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: asesmen formatif, model asesmen formatif mandiri berbantuan komputer, pembelajaran fisika Waktu yang terbatas dalam pembelajaran menjadi kendala guru dalam melaksanakan asesmen formatif. Selain itu banyaknya jumlah siswa membuat guru kesulitan memberikan balikan pada siswa. Jika hal ini dibiar?¼kan, siswa tidak mampu mengenali kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Oleh karena itu, diperlu?¼kan alat belajar yang dapat membantu guru dalam melakukan asesmen formatif yang bisa memberikan balikan spesifik dalam waktu singkat kepada setiap siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk yaitu model formatif berbantuan komputer pada materi kinematika gerak lurus, serta mendeskripsikan kelayakan model formatif tersebut melalui uji validasi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk penilaian validator dan uji kualitas produk oleh pengguna dalam uji coba terbatas. Kegiatan validasi meliputi validasi produk pengembangan dan validasi soal pilihan ganda sebagai komponen produk. Validasi dilaksanakan oleh validator yang berasal dari pihak dosen dan guru. Jenis data penelitian meliputi data kuantitatif berupa penilaian validator dan tanggapan siswa berdasarkan skala Likert, serta data kualitatif berupa komentar dan saran yang diberikan oleh validator. Hasil dari analisis data kuantitatif menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan termasuk dalam kategori baik sehingga tidak memerlukan revisi. Berdasarkan data kualitatif, produk telah direvisi berdasarkan komentar dan saran validator. Produk yang dihasilkan sudah dikatakan layak namun masih memerlukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut, serta uji coba yang berulang agar lebih bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran fisika pada materi kinematika gerak lurus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18460

Actions (login required)

View Item View Item