Pengembangan model penilaian formatif tipe soal isomorfik berbantuan komputer untuk meningkatkan penguasaan konsep fluida dinamik siswa kelas XI IPA / Lailis Ayu Nur Cahyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model penilaian formatif tipe soal isomorfik berbantuan komputer untuk meningkatkan penguasaan konsep fluida dinamik siswa kelas XI IPA / Lailis Ayu Nur Cahyani

Cahyani, Lailis Ayu Nur (2013) Pengembangan model penilaian formatif tipe soal isomorfik berbantuan komputer untuk meningkatkan penguasaan konsep fluida dinamik siswa kelas XI IPA / Lailis Ayu Nur Cahyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci penilaian formatif isomorfik model penilaian formatif berbantuan komputer fluida dinamik Pelaksanaan penilaian formatif dalam proses pembelajaran baik secara konvensional maupun berbantuan komputer belum mampu memberikan balikan spesifik kepada siswa maupun guru. Hal ini dikarenakan waktu banyaknya siswa dan kesiapan guru menjadi kendala dalam pelaksanaan penilaian formatif secara konvensional. Selain itu informasi penting yang dibutuhkan oleh guru untuk memperbaiki kualitas pembelajarannya belum mampu disampaikan melalui penilaian formatif berbantuan komputer yang telah dikembangkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan produk model penilaian formatif tipe isomorfik berbantuan komputer untuk meningkatkan penguasaan konsep fluida dinamik siswa kelas XI IPA dan mendeskripsikan kelayakan produk. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan menurut Borg and Gall. Pengukuran kelayakan dilakukan dengan validasi isi oleh validator ahli media dan ahli materi dan uji kualitas produk terhadap siswa dan guru SMA Negeri 1 Krian dan MAN Malang 1 dalam uji coba terbatas. Instrumen yang digunakan berupa angket dengan skala penilaian berdasarkan Skala Likert yang menghasilkan data kuantitatif dan kolom komentar dan saran yang menghasilkan data kualitatif. Analisis data kuantitatif menggunakan teknik perhitungan persentase. Data kualitatif digunakan untuk merevisi produk pengembangan. Produk akhir yang dihasilkan adalah model penilaian formatif tipe isomorfik berbantuan komputer. Hasil analisis data menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dan tidak memerlukan revisi. Meskipun demikian perbaikan berdasarkan komentar dan saran dari validator siswa dan guru perlu dilakukan untuk lebih mengoptimalkan produk yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18459

Actions (login required)

View Item View Item