Pengembangan bahan ajar fisika berbasis inquiry pada materi pembentukan bayangan pada alat optik kelas X SMAN 10 Malang / Rizka Mukti Oktavia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar fisika berbasis inquiry pada materi pembentukan bayangan pada alat optik kelas X SMAN 10 Malang / Rizka Mukti Oktavia

Oktaviana, Rizka Mukti (2013) Pengembangan bahan ajar fisika berbasis inquiry pada materi pembentukan bayangan pada alat optik kelas X SMAN 10 Malang / Rizka Mukti Oktavia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Oktaviana Rizka Mukti. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Inquiry pada Materi Pembentukan Bayangan pada Alat Optik Kelas X SMAN 10 Malang . Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Purbo Suwasono M.Si. (2) Dra. Chusnana Insjaf Yogihati M.Si. Kata kunci bahan ajar fisika inquiry pembentukan bayangan Hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa SMAN 10 Malang mengandalkan bahan ajar yang kurang sesuai dengan karakteristik peserta didik di SMAN 10 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan bahan ajar fisika berbasis inquiry pada materi pembentukan bayangan pada alat optik kelas X SMAN 10 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang hanya dilakukan 5 langkah awal yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal (2) perencanaan (3) pengembangan format produk awal (4) uji coba lapangan dan (5) revisi produk. Bahan ajar divalidasi oleh 2 orang dosen Fisika dan 1 orang guru Fisika. Uji coba terbatas dilakukan oleh 10 orang peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket dan wawancara. Jenis data penelitian terdiri dari data kuantitatif berupa penilaian dari validator dan data kualitatif berupa komentar dan saran dari validator. Kelayakan bahan ajar yang dikembangkan didasarkan skala 1-4 dengan 4 adalah angka tertinggi dan 1 angka terendah. Berdasarkan analisis data kuantitatif dari validator dosen dan guru diketahui bahan ajar siswa memiliki rata-rata kelayakan sebesar 3 50 yang berarti dalam kriteria layak. Bahan ajar guru memiliki rata-rata kelayakan sebesar 3 52 yang berarti dalam kriteria layak. Berdasarkan uji coba terbatas didapat hasil analisis rata-rata kelayakan sebesar 3 51 yang berarti dalam kriteria layak. Produk akhir penelitian ini adalah Bahan Ajar Fisika Berbasis Inquiry pada Materi Pembentukan Bayangan pada Alat Optik Kelas X SMAN 10 Malang. Secara keseluruhan produk akhir yang dihasilkan memiliki rata-rata kelayakan sebesar 3 51 yang berarti memenuhi kriteria layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18458

Actions (login required)

View Item View Item