Pengembangan behan ajar fisika berbasis inquiry pada matrei gerak harmonis sederhana untuk siswa kelas XI-IPA 1 SMA PGRI 2 Jombang - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan behan ajar fisika berbasis inquiry pada matrei gerak harmonis sederhana untuk siswa kelas XI-IPA 1 SMA PGRI 2 Jombang

Anggraeni, Nurfaizah Dyah (2013) Pengembangan behan ajar fisika berbasis inquiry pada matrei gerak harmonis sederhana untuk siswa kelas XI-IPA 1 SMA PGRI 2 Jombang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anggraeni Nurfaizah Dyah. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Inquiry pada Materi Gerak Harmonis Sederhana Kelas XI-IPA 1 SMA PGRI 2 Jombang. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Endang Purwaningsih M.Si (II) Dra. Chusnana Insjaf Yogihati M.Si. 12288 12288 12288 Kata Kunci bahan ajar inquiry gerak harmonis sederhana 12288 12288 12288 12288 Hasil survei lapangan di SMA PGRI 2 Jombang diperoleh bahwa 60% nilai siswa kelas XI-IPA yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada ulangan harian materi gerak harmonis sederhana. Selain itu dalam buku yang digunakan siswa hanya menyediakan satu percobaan yang memiliki kekurangan yaitu tidak menyajikan hipotesis tidak menyajikan variabel-variabel dalam percobaan langkah-langkah dalam percobaan sudah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar fisika berbasis inquiry pada materi gerak harmonis sederhana dan mendeskripsikan kelayakannya. 12288 12288 12288 12288 Penelitian dan pengembangan ini menggunakan tujuh langkah model prosedural deskriptif R D Borg Gall dengan tahapan (1) pendahuluan (2) perencanaa dan pengembangan produk awal (3) uji validasi (4) revisi produk awal (5) uji lapangan awal (6) revisi produk utama (7) produk utama berupa Lembar Kerja Siswa handout gerak harmonis sederhana dan panduan guru. Validasi yang dilakukan adalah validasi kesesuaian model oleh 1 dosen dan 2 guru fisika dan kelayakan isi oleh 2 dosen fisika dan 2 guru fisika. Setelah divalidasi bahan ajar juga diuji keterbacaannya kepada siswa XI-IPA 1 SMA PGRI 2 Jombang dengan subjek coba berjumlah 9 orang. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari pengisian angket validasi kesesuaian model dan validasi isi dengan rentang skor 0-1 menggunakan skala Guttman yang dimodifikasi dan data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran dari validator. Selain itu data kualitatif juga diperoleh dari uji keterbacaan yang berisi deskrisi kata-jata sulit dan saran dari subjek coba. Analisis deskriptif digunakan sebagai data pendukung yang ditampilkan dalam bentuk angka. Analisis kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan saran dan ktitik dari validator dan siswa. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa handout dan panduan guru yang disusun telah layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dengan rerata validitas 100% untuk kesesuaian model Lembar Kerja Siswa rerata validitas 100% untuk kelayakan isi Lembar Kerja Siswa rerata validitas 100% untuk kelayakan isi handout gerak harmonis sederhana rerata validitas -rata 100% untuk kesesuain model panduan guru dan rerata validitas 100% untuk kelayakan isi panduan guru. Kemudian dari hasil uji keterbacaaan dengan subjek coba 9 siswa diperoleh hasil untuk Lembar Kerja Siswa ditemukan 5 kata yang dianggap sulit dan untuk handout harmonis sederhana ditemukan 6 kata yang dianggap sulit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18457

Actions (login required)

View Item View Item