Penerapan model TGT dengan permainan eliminasi untuk meningkatkan keterampilan proses dasar dan prestasi belajar fisika pokok bahasan listrik dinamis siswa kelas X-9 SMA Negeri 1 Tumpang / Feni Aqidatul Ilmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model TGT dengan permainan eliminasi untuk meningkatkan keterampilan proses dasar dan prestasi belajar fisika pokok bahasan listrik dinamis siswa kelas X-9 SMA Negeri 1 Tumpang / Feni Aqidatul Ilmi

Ilmi, Feni Aqidatul (2013) Penerapan model TGT dengan permainan eliminasi untuk meningkatkan keterampilan proses dasar dan prestasi belajar fisika pokok bahasan listrik dinamis siswa kelas X-9 SMA Negeri 1 Tumpang / Feni Aqidatul Ilmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model TGT permainan eliminasi keterampilan proses dasar prestasi belajar Berdasarkan observasi keterampilan proses dan prestasi belajar siswa kelas X-9 SMAN 1 Tumpang cukup rendah dan perlu ditingkatkan. Hanya tiga sampai empat siswa dari 32 siswa yang melakukan pengamatan dan mengkomunikasikan hasil pengamatan dengan baik. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan 46.87% siswa pada mata pelajaran fisika belum memperoleh nilai KKM yang telah ditentukan sekolah yaitu 75. Salah satu upaya untuk memecahkan permasalahan tersebut diterapkan suatu pembelajaran kooperatif yaitu pembelajaran model TGT. Selain dapat meningkatkan keterampilan proses dasar model ini juga dapat meningkatkan prestasi belajar fisika siswa. Tahapan dalam TGT melatih siswa untuk dapat terampil dan saling bekerja sama dalam menyelesaikan tugas berani menyampaikan pikiran melatih siswa untuk menghadapi persaingan dan saling membantu serta memberikan dukungan kepada orang lain. Oleh karena itu diharapkan model pembelajaran TGT dapat terlaksana dengan baik dan mampu meningkatkan keterampilan proses dasar dan prestasi belajar fisika siswa. Jenis penelitian adalah Tindakan Kelas. Penelitian berlangsung dalam dua siklus pada kelas X-9 SMAN 1 Tumpang yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan catatan lapangan lembar observasi dan tes. Analisis data dalam penelitian ini besifat kualitatif (berupa kata atau kalimat) dan kuantitatif (berupa angka). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterlaksanaan pembelajaran dari siklus I sebesar 79.33% menjadi 95.62% pada siklus II. Untuk keterampilan proses dasar juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 69.22% dengan kriteria cukup baik dan meningkat pada siklus II menjadi 83.50% dengan kriteria baik. Prestasi belajar fisika juga mengalami peningkatan pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 79.02 dan pada siklus II naik menjadi 81.32.Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan keterampilan proses dasar dan prestasi belajar fisika siswa kelas X-9 SMAN 1 Tumpang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18455

Actions (login required)

View Item View Item