Larasati, Novita (2013) Penerapan model pembelajaran the 5E learning cycle untuk meningkatkan keterampilan proses dan prestasi belajar fisika kelas VII-C SMP Negeri 2 Malang / Novita Larasati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Larasati Novita. 2013. Penerapan Model Pembelajaran The 5-E Learning Cycle Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses dan Prestasi Belajar Fisika Kelas VIIC SMP Negeri 2 Malang . Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Wartono M.Pd. (2) Sugiyanto S.Pd. M.Si. Kata Kunci Pembelajaran The 5-E Learning Cycle Ketrampilan Proses Sains Prestasi Belajar Hasil observasi yang diperoleh peneliti di kelas VIIC SMP Negeri 2 Malang menyatakan bahwa Prestasi Belajar Siswa dan Ketrampilan Proses Siswa rendah. Rendahnya Prestasi Belajar didukung oleh Ketrampilan Proses Siswa yang rendah pula. Rata rata Ketrampilan Proses yang didapatkan berdasarkan observasi langsung sebesar 34 5% saja. Rendahnya ketrampilan proses siswa dan prestasi belajar ranah kognitif siswa disebabkan pembelajaran yang dilaku-kan oleh guru bersumber pada guru (teacher centered) dengan menggunakan ceramah tanpa melibatkan kerja siswa. Berdasarkan wawancara dengan guru Fisika ketuntasan prestasi belajar yang diukur dari dua kali nilai Ulangan harian ditambah satu kali nilai tugas dibagi 3 didapatkan 32 5% saja yang memenuhi nilai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah. Tujuan penelitian ini untuk me-ningkatkan ketrampilan proses siswa dan prestasi belajar ranah kognitif siswa pada mata pelajaran fisika dalam pembelajaran The 5E-Learning Cycle. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Malang mulai tanggal 20 Maret 2013 sampai 02 Mei 2013. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Malang. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Model pembelajaran yang digunakan dalam pene-litian ini adalah model pembelajaran The 5-E Learning Cycle dengan materi Gerak. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran The 5-E Learning Cycle dapat meningkatkan ketrampilan proses sains siswa dan prestasi belajar ranah kognitif siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Malang pada materi Gerak. Pertama keterlaksanaan pembelajaran The 5-Learning Cycle mengalami peningkatan dari tindakan Siklus I sebesar 73 3% menjadi sebesar 85% pada tindakan Siklus II. Kedua peningkatan rata-rata Ketrampilan Proses pada Siklus I sebesar 63 9% dan mengalami peningkatan rata- rata pada Siklus II sebesar 78 6 % untuk keseluruhannya.Aspek Sub Ketrampilan Proses yang diambil meliputi menga-mati memprediksi mengenali variabel menyusun hipotesis mengukur mende-finisikan variabel merancang penelitian bereksperimen mengkomunikasikan dan menyimpulkan. Ketiga penerapan model The 5-Learning Cycle juga dapat meningkatkan Prestasi Belajar Siswa . Prestasi Belajar Siswa ranah kognitif mengalami pening-katan dari Siklus I sebesar 73 06 dan meningkat pada Siklus II sebesar 78 2.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18454 |
Actions (login required)
View Item |