Pengaruh model penilaian formatif berbantuan WEB (electronic assessment tool) terhadap prestasi belajar siswa SMA mata pelajaran fisika / Adisma Auliya Arifa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model penilaian formatif berbantuan WEB (electronic assessment tool) terhadap prestasi belajar siswa SMA mata pelajaran fisika / Adisma Auliya Arifa

Arifa, Adisma Auliya (2013) Pengaruh model penilaian formatif berbantuan WEB (electronic assessment tool) terhadap prestasi belajar siswa SMA mata pelajaran fisika / Adisma Auliya Arifa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Arifa Adisma Auliya. 2013. Pengaruh Model Penilaian Formatif Berbantuan Web (Electronic Assessment Tool) terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Mata Pelajaran Fisika. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sentot Kusairi M.Si (II) Drs. Agus Suyudi M.Pd. Kata Kunci Penilaian formatif Electronic Assessment Tool prestasi belajar Penilaian merupakan bagian tak terpisahkan dari proses pembelajaran. Penilaian memberikan informasi sejauh mana tujuan pembelajaran telah dicapai oleh siswa. Penilaian juga menjadi sumber informasi tentang kelemahan dan kekuatan siswa. Komponen dalam standar penilaian pendidikan seperti yang telah tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 20 Tahun 2007 mengindikasikan sebuah tuntutan standar penilaian pendidikan yaitu perlu diadakannya penilaian formatif dalam proses pembelajaran. Penilaian formatif dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa. Realita menunjukkan bahwa masih banyak yang mereduksi penilaian sebagai kegiatan tes akhir pembelajaran. Hal ini berarti guru hanya melakukan penilaian sumatif. Salah satu inovasi yang dapat diajukan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan penilaian formatif adalah dengan mengembangkan penilaian formatif dengan bantuan internet. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu yang melibatkan dua kelas sebagai subjek penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapat perlakuan berupa model penilaian formatif berbantuan web sedangkan pada kelas kontrol tidak. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI-B1 dan XI-B2 SMA Negeri 2 Malang yang berjumlah 66. Desain penelitian yang digunakan posttest only control group design sehingga diadakan postes di kedua kelas. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji-t dan dilanjutkan uji Tukey HSD untuk menguji apakah prestasi belajar siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil penelitian yang diperoleh melalui uji-t menunjukkan terdapat perbedaan antara prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji Tukey HSD diperoleh angka t yaitu 10 89 nilai Tukey HSD 2 89 sehingga menunjukkan prestasi belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil penelitian tersebut memperlihatkan bahwa prestasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan model penilaian formatif berbantuan web (Electronic Assessment Tool) lebih tinggi dari siswa yang mendapat tidak mendapat model tersebut. Dengan demikian model penilaian formatif berbantuan web (Electronic Assessment Tool) dapat dijadikan salah satu alternatif model penilaian yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18453

Actions (login required)

View Item View Item