Pengembangan modul kalor berbasis problem based learning berbantuan paket scaffolding untuk siswa kelas X SMAN 9 Malang / Khusnul Khotimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul kalor berbasis problem based learning berbantuan paket scaffolding untuk siswa kelas X SMAN 9 Malang / Khusnul Khotimah

Khotimah, Khusnul (2013) Pengembangan modul kalor berbasis problem based learning berbantuan paket scaffolding untuk siswa kelas X SMAN 9 Malang / Khusnul Khotimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan modul kalor Problem Based Learning paket scaffolding Media pembelajaran berperan sangat penting untuk menunjang kesuksesan belajar siswa. Salah satu media pembelajaran adalah modul. Modul berbasis Problem Based Learning berbantuan paket scaffolding menampilkan permasalahan-permasalahan yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Dengan menampilkan permasalahan-permasalahan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Dengan begitu siswa terlatih untuk memecahkan masalah yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari sehingga tercipta suatu pembelajaran sesuai tuntutan kurikulum yaitu menciptakan kondisi belajar aktif kepada siswa dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan observasi dan wawancara ditemukan bahwa isi bahan ajar (modul) yang digunakan di SMA Negeri 9 Malang belum memunculkan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari sehingga siswa tidak terlatih untuk memecahkan masalah yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Dalam modul ini juga terdapat lembar kerja dengan bantuan paket scaffolding. Bantuan paket scaffolding yang dimaksud dalam modul ini berupa penguraian masalah-masalah ke dalam langkah-langkah pemecahan yang memungkinkan siswa itu belajar mandiri. Lembar kerja ini berisi suatu kegiatan/tugas yang harus dilakukan oleh siswa untuk mempelajari menyelidiki dan memahami suatu konsep yang sedang dipelajari. Penelitian dan pengembangan modul ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan produk berupa modul kalor berbasis problem based leraning berbantuan paket scaffolding untuk siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang serta mengetahui kelayakannya. Penelitian dan pengembangan modul ini mengadaptasi model pengembangan Borg and Gall dan dilakukan sampai tahap kelima (merevisi hasil uji coba). Penelitian dan pengembangan modul ini divalidasi isi oleh dua dosen Fisika Universitas Negeri Malang dan 3 orang guru fisika SMA Negeri 9 Malang. Uji keterbacaan dilakukan oleh 37 siswa kelas X-1 SMA Negeri 9 Malang. Hasil validasi isi modul berbasis problem based learning berbantuan paket scaffolding untuk siswa dan untuk guru dinyatakan layak/valid. Hasil uji kelayakan modul untuk siswa dinilai layak dengan rata-rata kelayakan isi kebahasaan dan penyajian secara berturut-turut sebesar 3 66 3 67 dan 3 74. Modul untuk guru dinilai layak dengan kelayakan isi sebesar 3 5 kelayakan kebahasaan sebesar 3 67 dan kelayakan penyajian sebesar 3 7. Hasil uji keterbacaan siswa adalah layak dengan nilai rata-rata 3 48. Modul Kalor berbasis problem based learning dengan berbantuan paket scaffolding perlu dikembangkan sampai tahap kesepuluh (diseminasi dan distribusi).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18452

Actions (login required)

View Item View Item