Pengembangan bahan ajar fisika berbasis kontektual pada materi mekanika benda tegar untuk mendukung pembelajaran bermakna di kelas XI SMA 1 Tumpang / Evi Cholijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar fisika berbasis kontektual pada materi mekanika benda tegar untuk mendukung pembelajaran bermakna di kelas XI SMA 1 Tumpang / Evi Cholijayanti

Cholijayanti, Evi (2013) Pengembangan bahan ajar fisika berbasis kontektual pada materi mekanika benda tegar untuk mendukung pembelajaran bermakna di kelas XI SMA 1 Tumpang / Evi Cholijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Cholijayanti Evi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kontekstual pada Materi Mekanika Benda Tegar untuk Mendukung Pembelajaran Bermakna di Kelas XI SMAN 1 Tumpang. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Subani (II) Drs. Sutarman M.Pd. Kata Kunci bahan ajar kontekstual mekanika benda tegar pembelajaran bermakna Hasil studi pendahuluan yang dilakukan menunjukkan bahwa kebermaknaan belajar siswa di kelas XI SMAN 1 Tumpang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar fisika berbasis kontekstual pada materi mekanika benda tegar untuk mendukung pembelajaran bermakna di kelas XI SMAN 1 Tumpang dan mendeskripsikan kelayakan bahan ajar fisika berbasis kontekstual pada materi mekanika benda tegar untuk mendukung pembelajaran bermakna di kelas XI SMAN 1 Tumpang. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan lima langkah model prosedural deskriptif R D Borg Gall dengan tahapan penelitian dan pengumpulan informasi awal perencanaan pengembangan format produk awal uji coba awal dan revisi produk. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa bahan ajar cetak meliputi buku siswa dan buku guru yang divalidasi dan diuji kelayakannya oleh ahli media dan materi serta diuji keterbacaannya oleh siswa dengan subjek coba berjumlah 9 orang. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari pengisian angket dengan rentang skor 1-4 menggunakan skala Likert dan data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran dari subjek coba. Analisis kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan data secara lengkap dalam bentuk kalimat. Analisis kuantitatif digunakan sebagai data pendukung yang ditampilkan dalam bentuk angka. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa bahan ajar yang disusun telah valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar dengan skor 3 51 untuk buku siswa dan 3 39 untuk buku guru. Kemudian dari hasil uji coba terbatas dengan subjek coba 9 siswa diperoleh skor 3 74 yang menandakan bahwa bahan ajar yang dikembangkan telah valid dan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18451

Actions (login required)

View Item View Item