Pengaruh model pembelajaran REACT dengan penomoran NHT terhadap interaksi dan prestasi belajar fisika ditinjau dari kemampuan awal siswa kelas X SMAN 9 Malang / Desy Hosenainy - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran REACT dengan penomoran NHT terhadap interaksi dan prestasi belajar fisika ditinjau dari kemampuan awal siswa kelas X SMAN 9 Malang / Desy Hosenainy

Hosenainy, Desy (2013) Pengaruh model pembelajaran REACT dengan penomoran NHT terhadap interaksi dan prestasi belajar fisika ditinjau dari kemampuan awal siswa kelas X SMAN 9 Malang / Desy Hosenainy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hosenainy Desy. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran REACT dengan Penomoran NHT terhadap Interaksi dan Prestasi Belajar Fisika Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas X SMAN 9 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Suyudi M.Pd (II) Drs. Sutarman M.Pd. Kata Kunci REACT Penomoran NHT Interaksi Belajar Prestasi Belajar 12288 12288 12288 12288 Proses pembelajaran fisika yang berlangsung di SMA seharusnya sebagai sebuah wahana untuk meningkatkan kualitas interaksi dan prestasi belajar. Hal ini tidak lepas dari peran guru sebagai fasilitator bagi siswanya dan siswa berperan sebagai pembelajar yang aktif untuk mencari ilmu yang di butuhkan. Sebagai fasilitator yang perlu diperhatikan adalah cara yang digunakan dalam pembelajaran sehingga mendorong siswa untuk aktif berinteraksi dalam setiap kegiatan pembelajaran dan prestasi belajar siswa menjadi lebih baik lagi. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran REACT yang dipadukan dengan penomoran NHT (Numbered Heads Together). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dampak penerapan model pembelajaran terhadap prestasi belajar dan interaksi belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu control group pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 9 Malang tahun ajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini purposive sampling yaitu sampel ditentukan secara langsung melalui pertimbangan bahwa kedua sampel memiliki karakteristik yang homogen dan dapat mewakili populasi. Kelas X-3 dengan jumlah siswa 40 ditetapkan sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran REACT dengan penomoran NHT. Kelas X-1 dengan jumlah siswa 37 ditetapkan sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. 12288 12288 12288 12288 Uji hipotesis yang digunakan adalah uji ANAVA dua jalur dan uji lanjutan Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar siswa baik berkemampuan awal tinggi maupun berkemampuan awal rendah yang diajar menggunakan model pembelajaran REACT dengan penomoran NHT lebih tinggi daripada yang diajar menggunakan cara konvensional. Interaksi belajar siswa berkemampuan awal tinggi maupun berkemampuan awal rendah yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran REACT dengan penomoran NHT tidak lebih tinggi daripada pembelajaran secara konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18449

Actions (login required)

View Item View Item