Penerapan model pembelajaran REACT untuk meningkatkan sikap ilmiah dan pemahaman konsep fisika siswa SMA Negeri 6 Malang / Agnes Fitriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran REACT untuk meningkatkan sikap ilmiah dan pemahaman konsep fisika siswa SMA Negeri 6 Malang / Agnes Fitriana

Fitriana, Agnes (2013) Penerapan model pembelajaran REACT untuk meningkatkan sikap ilmiah dan pemahaman konsep fisika siswa SMA Negeri 6 Malang / Agnes Fitriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model PembelajaranREACT Sikap Ilmiah dan Pemahaman Konsep. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru fisika di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 6 Malang tahun ajaran 2012/2013 prestasi fisika selama ini dapat diidentifikasi masih rendah. Nilai rata-rata 61 dengan ketuntasan masih 8 3% sedangkan ketuntasan belajar sekolah yaitu 70% dengan nilai rata-rata 75 sehingga penguasaan dan konsep fisika siswa dapat digolongkan masih rendah. Selain itu selama observasi terlihat siswa kurang berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Model pembelajaran REACT adalah salah satu solusi agar pembelajaran di dalam kelas berjalan efektif. REACTterdiri dari 5 tahapan yaitu relating experiencing applying cooperating dan transferring. Pembelajaran fisika dengan strategi REACT menarik untuk dipelajari karena berhubungan dengan kehidupan sehari-hari siswa dan melibatkan keaktifan termasuk sikap siswa dalam pembelajaran sehingga bisa meningkatkan sikap ilmiah dan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus dengan 7 kali pertemuan dan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 SMANegeri6 Malang dengan jumlah 38 siswa dengan pokok bahasan fluida. Instrumen penelitian berupa RPP LKS lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran REACT lembar observasi penilaian sikap ilmiah dan soal diakhir siklus untuk mengukur pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran REACT dapat meningkatkan sikap ilmiah dan pemahaman konsep siswa. Hal ini ditunjukkan dengansikap ilmiah siswa siswa mengalami peningkatan dari siklus I yang diperoleh nilai 78 19 menjadi 84 43 pada siklus II serta nilai kognitifpada siklus I diperoleh rata-rata nilai kognitif sebesar 76 86 dengan ketuntasan 69 44%. Pada siklus II diperoleh rata-rata nilai kognitif sebesar 82 19 dengan ketuntasan 83 33%. Dengan data di atas dapat dilihat bahwa nilai kognitif siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Jika dilihat dari keseluruhan nilai kognitif siswa sebelum dilaksanakan pembelajaran dengan model pembelajaran REACT dan setelah diadakan pembelajaran dengan model pembelajaran REACT mengalami peningkatan yang signifikan yang sebelumnya nilai rata-rata kognitif siswa hanya 61 dengan presentase 3 3% yang mendapat nilai diatas KKM yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18448

Actions (login required)

View Item View Item