Pengaruh penerapan Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajajaran fisika kelas XI IPA MAN 3 Malang / Wahyu Tria Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajajaran fisika kelas XI IPA MAN 3 Malang / Wahyu Tria Pratiwi

Pratiwi, Wahyu Tria (2013) Pengaruh penerapan Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajajaran fisika kelas XI IPA MAN 3 Malang / Wahyu Tria Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Creative Problem Solving kemampuan berpikir kritis. Saat pembelajaran siswa kelas XI IPA MAN 3 Malang cenderung lebih pasif yaitu hanya menerima materi secara final dari guru sehingga kurang melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh sebab itu diperlukan suatu model yang lebih bermakna sehingga dapat melatih kemampuan berpikir kritis siswa salah satunya Creative Problem Solving. Model ini mengutamakan keterampilan memecahkan masalah yang mengandung banyak solusi sehingga menuntut siswa untuk memilih solusi yang paling tepat berdasarkan fakta dan informasi yang terkumpul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Creative Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fisika kelas XI IPA MAN 3 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA MAN 3 Malang tahun ajaran 2012-2013. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA 5 dan XI IPA 6. Teknik pengambilan sampel yaitu Only Posttest Control Group Design. Instrumen yang digunakan berupa posttest 8 butir soal multiple choice 2 butir esai. Analisis data menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis dan uji Scheffee untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yang dapat dibuktikan dari hasil perhitungan uji-t yang menghasilkan sig. 2 tailed sebesar 0 000 0 005 dan rerata pada kelas eksperimen sebesar 73 41 dan kelas kontrol sebesar 57 23. Hasil dari uji Scheffee menghasilkan Fhitung 1 744 3 98 yang menunjukan bahwa model Creative Problem Solving tidak berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Teori Kinetik Gas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18447

Actions (login required)

View Item View Item