Pengembangan paket pembelajaran mekanika fluida berbasis inquiry training untuk menumbuhkan keterampilan kerja ilmiah siswa SMA kelas XI / Lidia Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pembelajaran mekanika fluida berbasis inquiry training untuk menumbuhkan keterampilan kerja ilmiah siswa SMA kelas XI / Lidia Amalia

Amalia, Lidia (2013) Pengembangan paket pembelajaran mekanika fluida berbasis inquiry training untuk menumbuhkan keterampilan kerja ilmiah siswa SMA kelas XI / Lidia Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Amalia Lidia.2013. Pengembangan Paket Pembelajaran Mekanika Fluida Berbasis Inquiry Training untuk Menumbuhkan Keterampilan Kerja Ilmiah Siswa SMA Kelas XI. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang Pembimbing (I)Dr. Supriyono Koes H. M.Pd MA (II) Drs. Yudyanto M.Si Kata Kunci paket pembelajaran mekanika fluida inquiry training keterampilan kerja ilmiah. Paket pembelajaran berisi petunjuk kegiatan belajar silabus bahan ajar dan evaluasi yang menunjang kegiatan pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan mengembangkan paket pembelajaran mekanika fluida berbasis inquiry traininguntuk siswa SMA kelas XI disertai dengan buku panduan guru.Paket pembelajaran menggunakan pengantar bahasa Inggris dengan tujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dampak instruksional yang diharapkan setelah siswa menggunakan paket pembelajaran ini yaitu menumbuhkan keterampilan kerja ilmiah. Prosedur penelitian dan pengembangan sebagai berikut (1) melakukan studi lapangan dan pengumpulan informasi (2) melakukan perencanaan (3) mengembangkan produk awal (4) melakukan uji coba dan (5) revisi produk akhir.Uji coba dilakukan melalui validasi yang terdiri dari validasi materi bahasa dan bahan ajar. Validasi dilakukan oleh validator ahli yaitu tiga dosen ahli dan satu guru fisika SMA. Kemudian paket pembelajaran diuji coba pada 20 siswa XI Akselerasi SMA Negeri 3 Malang yang belum menempuh materi mekanika fluida dan guru pengajar fisika kelas XI. Selain menggunakan angket uji coba pada siswa dilakukan observasi kegiatan belajar untuk mengetahui perkembangan keterampilan kerja ilmiah siswa.Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan menggunakan skala Likert.Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif hasil angket validasi digunakan untuk mengetahui tingkat kelayakan paket pembelajaran untuk diuji coba pada pengguna sedangkan data kuantitatif hasil angket uji coba digunakan untuk mengetahui kelayakan penggunaan paket pembelajaran. Data kualitatif berasal dari saran validator dan subjek uji coba sebagai masukan dalam melakukan revisi tahap akhir. Teknik analisis data secara analisis deskriptif mendeskripsikan prosedur pengembangan paket pembelajaran dan teknik perhitungan persentase untuk data hasil angket. Berdasarkan hasil angket validasi materi bahasa dan bahan ajar pada paket pembelajaran mekanika fluida layak diuji coba namun dengan revisi beberapa bagian. Berdasarkan hasil uji coba pada siswa paket pembelajaran termasuk dalam kriteria sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi dengan persentase sebesar 85%. Untuk uji coba pada guru didapatkan persentase kelayakan 80% yang termasuk kriteria sangatvalid atau dapat digunakan tanpa revisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18444

Actions (login required)

View Item View Item