Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5 fase (LC 5E) terhadap kesadaran metakognitif dan penguasaan konsep fisika peserta didik kelas X SMA Laboratorium UM / Harfina Indriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5 fase (LC 5E) terhadap kesadaran metakognitif dan penguasaan konsep fisika peserta didik kelas X SMA Laboratorium UM / Harfina Indriani

Indriani, Harfina (2013) Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5 fase (LC 5E) terhadap kesadaran metakognitif dan penguasaan konsep fisika peserta didik kelas X SMA Laboratorium UM / Harfina Indriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model pembelajaran learning cycle 5fase kesadaran metakognitif penguasaan konsep. Dalam pembelajaran Fisika dibutuhkan keaktifan dan kemandirian peserta didik untuk memahami konsep-konsep yang dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari. Masalah utama dalam pembelajaran Fisika adalah sulitnya meng hu -bung kan fakta dalam kehidupan sehari-hari dengan konsep fisika yang dapat dijadikan pengetahuan yang bermakna bagi peserta didik.Untuk menge tahui sejauh mana peserta didik mengetahui pemahaman tentang dirinya dibutuh kan kesadaran metakognitif yaitu kesadaran berpikir untuk mengetahui bagai mana cara belajar mengetahui kemampuan belajar yang dimiliki dan mengetahui strategi belajar terbaik untuk belajar efektif. Siswa yang memiliki kesadaran metakognitif baik mampu merencanakan memonitor dan mengeva luasi diri sendiri. Untuk memberdayakan kesadaran metakognitif dan mening kat kan penguasaan konsep peserta didik diperlukan suatu model pembelajaran. Learning cycle 5 fase merupakan suatu model pembelajaran konstruk tivistik yang terdiri dari 5 tahapan (engagement exploration explana tion ela bo ration dan evalua tion) di mana model ini mengajarkan peserta didik mengkonstruksi sendiri pengetahuan-nya dari dunia di sekitarnya. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh LC 5E terhadap kesadaran metakognitif dan penguasaan konsep Fisika peserta didik. Penelitian ini merupakan eksperimen semu yang dilakukan di SMA Laboratorium UM pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Laboratorium UM tahun ajaran 2012/2013. Sampel penelitian ini adalah kelas X-4 (kelas eksperimen) dan X-1 (kelas kontrol). Data kesadaran metakognitif yang diperoleh melalui angket dan data penguasaan konsep yang diperoleh melalui tes dianalisis menggunakan analisis statistik anova satu jalur sedangkan data kesadaran metakognitif dari hasil observasi dianalisis secara deskriptif sebagai data pendukung. Uji hipotesismenunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kesadaran metakognitif antara kelas X yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan model LC 5E dengan siswa yang mendapat pembelajaran konven sional. Hal ini didukung oleh hasil uji hipotesis anova satu jalur Fo 3 591 3 96 (Ftabel) dengan taraf signifikansi 0 05. Uji hipotesisjuga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penguasaan konsep Fisika antara peserta didik kelas X yang mendapat pembelajaran dengan LC 5E dengan peserta didik kelas X yang mendapat pembelajaran konvensional. Hal ini didukung oleh hasil uji hipotesis anova satu jalur Fo 5 223 3 96 (Ftabel) dengan taraf signifi kansi 0 05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18442

Actions (login required)

View Item View Item