Pembelajaran creative problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kristis siswa pada pembelajaran fisika kelas XI IPA 6 MAN 3 Malang / Pipit Mei Dyastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran creative problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kristis siswa pada pembelajaran fisika kelas XI IPA 6 MAN 3 Malang / Pipit Mei Dyastuti

Dyastuti, Pipit Mei (2013) Pembelajaran creative problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kristis siswa pada pembelajaran fisika kelas XI IPA 6 MAN 3 Malang / Pipit Mei Dyastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Creative Problem Solving kemampuan berpikir kritis Hasil observasi awal yang dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan ber-pikir kritis siswa kelas XI IPA 6 MAN 3 Malang masih belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA 6 melalui pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dan mendeskripsikan pembel-ajaran CPS untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart dengan tahapan identifikasi permasalahan perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan pengumpulan data dan refleksi. Penelitian dilakukan dua siklus tindakan pada 34 siswa kelas XI IPA 6 pada pembelajaran Fisika di MAN 3 Malang. Keterlaksanaan CPS diukur menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembel-ajaran. Kemampuan berpikir kritis diukur dengan menggunakan tes setiap akhir siklus. Data-data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan data secara lengkap dalam bentuk kalimat. Analisis kuantitatif digunakan sebagai data pendukung yang ditampilkan dalam bentuk angka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pembelajaran CPS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Fisika kelas XI IPA 6 MAN 3 Malang. Skor rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan sebesar 5 31%. Indikator membuat nilai keputusan melakukan induksi bertanya dan menjawab pertanyaan yang membutuhkan penjelasan mengalami pe-ningkatan dan memutuskan suatu tindakan mengalami peningkatan. Indikator me-lakukan deduksi mengalami penurunan sehingga kemampuan siswa dalam melakukan deduksi perlu ditingkatkan lagi. Persentase keterlaksanaan pembelajaran CPS pada siklus I sebesar 72 88% dan pada siklus II sebesar 81 10%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18441

Actions (login required)

View Item View Item