Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Group Investigation (GI) terhadap metakognisi dan prestasi belajar fisika / Alif Fingka Junarni, - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Group Investigation (GI) terhadap metakognisi dan prestasi belajar fisika / Alif Fingka Junarni,

Junarni, Alif Fingka (2013) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Group Investigation (GI) terhadap metakognisi dan prestasi belajar fisika / Alif Fingka Junarni,. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci model pembelajaran PBL-GI PBL kesadaran metakognisi keterampilan metakognisi prestasi belajar. Pembelajaran Fisika di wilayah SMA Ngantang masih cenderung berpusat pada guru dan kesiapan siswa dalam belajar yang masih kurang. Kenyataannya siswa kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan soal memahami konsep dan rumus fisika serta menggunakan persamaan atau rumus untuk mengerjakan soal. Selain itu kurang adanya interaksi antar siswa dan memanfaatkan media yang ada. Sehingga prestasi belajar siswa pada ranah kognitif belum mencapai KKM (70). Ini menunjukkan bahwa kesadaran maupun keterampilan metakognisi siswa dan prestasi belajar masih kurang. Sebenarnya guru pernah menerapkan model pembelajaran tertentu namun tidak dapat meningkatkan prestasi siswa. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian berkaitan dengan pengaruh model pembelajaran yang cocok terhadaap kesadaran maupun keterampilan metakognisi siswa dan prestasi belajar fisika. Model yang dimaksudkan adalah model pembelajaran PBL dengan GI. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kesadaran dan keterampilan metakognisi siswa dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran PBL-GI lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan meng- gunakan model pembelajaran PBL dan terdapat korelasi antara kesadaran maupun keterampilan metakognisi dengan prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Rancangan penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Two Group Design. Dengan menggunakan jenis sampel yaitu sampling purposive didapatkan kelas eksperimen (XI IPA 2) dengan menggunakan model PBL-GI dan kelas kontrol (XI IPA 1) dengan menggunakan model PBL pada materi fluida statis. Kesadaran metakognisi diukur dengan menggunakan angket kesadaran metakognisi (MAI) keterampilan metakognisi diukur dengan menjawab soal essay dengan rubrik keterampilan metakognisi (MSI) sedangkan prestasi belajar fisika diukur melalui soal pilihan ganda. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa kesadaran metakognisi siswa yang belajar dengan model PBL-GI lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model PBL. Keterampilan metakognisi siswa yang belajar dengan model PBL-GI lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model PBL. Prestasi belajar siswa yang belajar dengan model PBL-GI lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model PBL. Terdapat korelasi antara kesadaran maupun keterampilan metakognisi dengan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18436

Actions (login required)

View Item View Item