Pengembangan multimedia powerpoint pokok bahasan fluida sebagai sarana belajar mandiri siswa kelas XI SMA / Ika Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia powerpoint pokok bahasan fluida sebagai sarana belajar mandiri siswa kelas XI SMA / Ika Puspitasari

Puspitasari, Ika (2013) Pengembangan multimedia powerpoint pokok bahasan fluida sebagai sarana belajar mandiri siswa kelas XI SMA / Ika Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci multimedia powerpoint belajar mandiri Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran yang dapat digunakan sebagai sarana belajar mandiri oleh siswa. Media pembelajaran berbasis komputer ini dapat menampilkan konsep-konsep fisika yang disertai dengan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari dan narasi (rekaman suara) sebagai penjelas. Desain pengembangan produk media pembelajaran ini menggunakan modifikasi dari langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang dikemukakan Borg dan Gall. Dari kesepuluh langkah yang dikemukakan peneliti membatasi empat langkah sebagai berikut. (1) Research and Information Collecting (2) Planning (3) Develop Preliminary Form of Product (4) Preliminary Field Testing. Research and Information Collecting atau studi pendahuluan dilakukan dengan wawancara kepada dua orang guru Fisika SMA Laboratorium UM tentang bagaimana pembelajaran Fisika yang dterapkan saat ini dan bagaimana hasil belajar yang telah dicapai oleh siswa. Langkah selanjutnya yaitu pengembangan draf produk. Produk hasil pengembangan di validasi oleh dua orang dosen Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang sebagai ahli media dan ahli materi serta satu orang guru Fisika SMA Laboratorium UM yang berpengalaman mengajar Fisika. Produk yang telah divalidasi selanjutnya diujicobakan secara terbatas kepada 26 siswa kelas XI SMA Laboratorium UM. Pengambilan data uji coba terbatas media pembelajaran dilakukan menggunakan instrumen berupa angket/ kuisioner kepada ahli media ahli materi dan siswa. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa kritik dan saran dari ahli media dan materi. Data kuantitatif diperoleh dari skor jawaban angket yang diisi validator ahli media validator ahli materi dan siswa. Hasil analisis data uji coba terbatas menunjukkan tingkat kevalidan media pembelajaran yang dikembangkan menurut ahli media sebesar 84 11% menurut ahli materi 89 58% dan siswa 86 39%. Media pembelajaran yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid dan secara keseluruhan dinyatakan layak serta dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18435

Actions (login required)

View Item View Item