Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) berbasis diskusi pembuatan soal pada materi dinamika gerak di SMA Laboratorium UM / Fita Nur Indahsari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) berbasis diskusi pembuatan soal pada materi dinamika gerak di SMA Laboratorium UM / Fita Nur Indahsari

Indahsari, Fita Nur (2013) Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) berbasis diskusi pembuatan soal pada materi dinamika gerak di SMA Laboratorium UM / Fita Nur Indahsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan perangkat pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) berbasis diskusi pembuatan soal dinamika gerak Buku yang beredar di pasaran kebanyakan disesuaikan dengan karakter dan kemampuan peserta didik pada umumnya. Buku akan sulit dipahami jika tidak disesuaikan dengan kemampuan peserta didik di kelas itu sendiri. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru kebanyakan menjelaskan contoh soal kemudian peserta didik diminta mengerjakan soal. Hal ini mengakibatkan rendahnya pemahaman peserta didik terhadap konsep-konsep fisika dan menjadikan prestasi belajar peserta didik menjadi rendah. Guru perlu menyusun suatu perangkat pembelajaran yang dapat membuat peserta didik aktif serta menciptakan pembelajaran bermakna bagi peserta didiknya. Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan modifikasi model penelitian Borg Gall terdiri dari 2 tahap pengembangan yaitu pendahuluan dan pengembangan. Pada tahap pendahuluan terdiri dari 3 tahap yaitu studi pustaka survey lapangan dan penyusunan draft perangkat pembelajaran. Pada tahap pengembangan terdiri dari 5 tahap yaitu validasi perangkat pembelajaran dan validasi materi revisi draft perangkat pembelajaran uji coba terbatas revisi produk akhir dan produk hasil pengembangan. Pengujian validitas perangkat ini menggunakan angket. Pengujian validitas perangkat pembelajaran meliputi validasi perangkat validasi materi dan uji terbatas. Validator pada validasi ahli perangkat adalah satu dosen fisika UM dan guru fisika SMA Laboratorium UM. Validator pada validasi ahli materi adalah satu dosen fisika UM. Setelah melalui tahap validasi perangkat direvisi berdasarkan masukan-masukan yang diberikan oleh para validator. Hasil penelitian pengembangan ini berupa perangkat pembelajaran pada materi dinamika gerak untuk kelas X dalam bentuk RPP silabus bahan ajar LKS dan tes hasil belajar. Perangkat ini dikembangkan untuk digunakan guru dan peserta didik di dalam kelas. Validasi hasil pengembangan perangkat oleh validator ahli perangkat menunjukkan persentase rata-rata keleyakan perangkat sebesar 83 61% dan validasi hasil pengembangan perangkat oleh validator ahli materi menunjukkan persentase rata-rata kelayakan sebesar 85 94% sedangkan hasil validasi terhadap kelompok kecil (uji terbatas) menunjukkan persentase rata-rata kelayakan media pembelajaran sebesar 86 98%. Ketiga hasil validasi tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran ini layak digunakan namun keefektifannya perlu diteliti lebih lanjut melalui kegiatan pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18434

Actions (login required)

View Item View Item